Obat Termahal di Dunia, Ada yang Rp30 Miliar Sekali Suntik!

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 08:43 WIB
loading...
Obat Termahal di Dunia, Ada yang Rp30 Miliar Sekali Suntik!
Obat yang mengandung bahan aktif onasemnogene abetiparvovec-xioi ini dihargai mencapai Rp30,3 miliar sekali terapi dilakukan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Obat termahal di dunia biasanya ditentukan oleh penelitian pembuatannya. Bukan hanya soal berapa lama obat dirancang hingga diproduksi, tetapi juga berapa banyak orang yang terlibat dalam penelitian pembuatannya.

"Ketika jumlah pasien yang merasakan efek sampingnya diukur dalam ribuan, atau bahkan ratusan, beban ekonomi penelitian tersebut mencerminkan harga pengobatannya. Ini yang membuat ada obat yang sangat mahal harganya," terang laporan Pharma Offer, dikutip Sabtu (2/10/2021).

Semakin rendah efek samping yang terjadi, itu bukan hanya menentukan kualitas suatu obat, tetapi juga menentukan harga dari obat itu sendiri. Jadi, banyak faktor yang menentukan kenapa obat-obatan harganya bervariasi dan ada yang selangit.

Baca juga: Waspada Obat Palsu dan Makanan Ilegal, Kenali Ciri-cirinya

Nah, di sini kami akan coba memberitahu 10 daftar obat termahal di dunia lengkap dengan harganya. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Zolgensma

Obat yang mengandung bahan aktif onasemnogene abetiparvovec-xioi ini dihargai USD2.125.000 atau setara dengan Rp30,3 miliar sekali terapi dilakukan. Zolgensma adalah obat termahal yang pernah ada di dunia.

Obat ini dalam bentuk suspensi untuk infus intravena dan menargetkan anak-anak di bawah 2 tahun dengan masalah spinal muscular atrophy (SMA), bahkan untuk pasien yang belum menunjukkan gejala.

Zolgensma diberikan hanya 1 kali dalam sekali terapi. Obat yang diproduksi di Novartis, Swiss, tersebut diprediksi akan menjadi standar obat untuk SMA di masa depan.

2. Glybera
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0808 seconds (0.1#10.140)