Buah Hati Anda Susah Makan? Ini 4 Tips Sederhana untuk Mengatasinya

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 19:07 WIB
loading...
A A A
Menurut Sherly, dengan menciptakan makanan yang unik, anak akan tertarik untuk memakan makanannya. Hal itu dibuktikan dengan sudah banyaknya orang tua yang mempunyai pengalaman anak usia 2 tahun susah makan dengan menciptakan makanan yang kreatif dan unik.

Namun, lanjut sherly, orang tua harus memastikan ketika membuat makanan juga mengajak si anak untuk membuatnya bersama. Pasalnya, membuat makanan bersama dengan anak tidak hanya akan membantu anak memiliki nafsu makan yang tinggi. Anak juga akan terlatih untuk mendi kreatif dan cerdas.

"Anda bisa membuat nasi goreng dengan sayuran yang dibentuk sedemikian rupa menyerupai bentuk seperti bintang, hewan atau lainnya," terang mama muda yang kerap berbagi ASI miliknya ke Panti Asuhan ini.

3. Pertimbangkan untuk Memberi Vitamin

Apabila anak memiliki kesulitan untuk makan karena nafsu makannya rendah, maka orang tua bisa mempertimbangkan untuk memberinya vitamin khusus anak yang susah makan. Pemberian vitamin dapat membantu anak memiliki nafsu makan, sehingga anak dapat dengan mudah makan tanpa harus menyuruhnya.

"Banyak apotek yang menjual vitamin untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak. Namun, pastikan bahwa Anda melakukan konsultasi ke dokter anak kepercayaan Anda sebelum memberikan vitamin makanan. Pasalnya, tidak boleh sembarangan memberikan vitamin ke anak-anak," tuturnya.

4. Mengajak Makan sambil Bermain

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang susah makan adalah dengan mengajaknya makan sambil bermain. Kata influencer asal Surabaya ini, cara mengatasi anak usia 1 tahun yang susah makan nasi dengan bermain merupakan salah satu cara yang efektif.

Namun, pastikan anak Anda tidak tersedak saat mengunyah makanan. Karena bermain sambil mengunyah di saat makan merupakan hal yang cukup berbahaya dilakukan. "Pada saat Anda mengajak anak Anda makan sambil bermain, pastikan anak Anda mengunyah makanannya dengan sempurna dan menelannya," ujarnya.

"Setelah anda memastikan bahwa anak Anda sudah mengunyahnya dengan benar dan sempurna, ajalah anak Anda untuk kembali bermain. Ulang cara tersebut hingga makanan habis," lanjut Sherly.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)