4 Manfaat Kesehatan Konsumsi Jinten Hitam secara Rutin

Kamis, 14 Oktober 2021 - 00:45 WIB
loading...
A A A
Zat alami pada jinten hitam akan melebarkan bronkiolus sehingga aliran udara ke paru-paru menjadi ringan. Hal ini didapatkan dari tinjauan yang diterbitkan oleh Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine.

Jinten hitam juga dapat membantu menyembuhkan alergi yang menyebabkan hidung tersumbat, berair, gatal, hingga bersin. Hal ini telah dimuat dalam American Journal of Otolaryngology yang saat itu melihat dampak dari nigella sativa pada rinitis alergi.

3. Memberikan Efek Antiinflamasi

Inflamasi atau peradangan merupakan upaya tubuh dalam melindungi dan melawan segala serangan penyakit dari luar atau mikroorganisme jahat. Biasanya hal ini terjadi ketika jaringan tubuh mengalami infeksi, panas, cedera, atau terkena racun.

Oleh karena itu, jinten hitam dipercaya dapat meringankan terjadinya proses inflamasi pada tubuh, sehingga kondisi tubuh tidak terlalu parah ketika mengonsumsi obat herbal tersebut.

Bukan hanya itu, jinten hitam juga mampu meringankan ketika seseorang mengalami peradangan saraf dan otak.



4. Melindungi dari Risiko Kanker

Kanker merupakan penyakit yang ditimbulkan karena adanya sel-sel abnormal di dalam tubuh dan tidak terkendali. Risiko terberat dari penyakit ini adalah kematian. Untuk itu, menjaga pola hidup yang sehat merupakan salah satu kunci mencegah penyakit tersebut.

Selain itu, terdapat penelitian pada 2019 yang dimuat dalam jurnal Hindawi. Penelitian tersebut mengatakan bahwa biji jinten hitam mampu memberikan dan melawan kanker di dalam tubuh manusia. Nantinya, senyawa thymoquinone akan menghambat pertumbuhan sel kanker, serta dipercaya mampu membunuh sel kanker yang terdapat di tubuh manusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)