Aplikasi Batik Bekasi nan Mentereng dalam Modest Fashion Muslim

Rabu, 03 November 2021 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Batik Bekasi pertama kali diresmikan bersamaan dengan HUT Kota Bekasi ke-17 pada era pemerintahan Walikota Rahmat Effendi dan Wakil Walikota Ahmad Syaikhu. Terdapat 12 pakem batik yang telah diresmikan kala itu.

Pakem tersebut lahir dari keberagaman budaya di Bekasi yang berjuluk Kota Patriot. Ke-12 pakem batik ini dibagi lagi menjadi 5 kategori yaitu Flora yang menghasilkan motif bambu, buah kecapi, bunga melati, dan teratai; Fauna di antaranya ikan gabus, burung mandar, lele, ikan sepat, dan ikan betik.

Lalu ada kategori Sejarah, yaitu Gedung Juang Tambun, kali Bekasi, Monumen Perjuangan, dan bambu runcing; Budaya berupa tari Topeng, legenda Rawa Tembaga, serta alat musik seperti terompet, permainan anak semisal benteng dan tanjidor.



Kategori terakhir adalah batik yang memiliki warna-warna cerah atau mentereng, seperti hijau lumut, hijau daun, dan merah tanah. Warna tersebut berkaitan dengan Bekasi sebagai kota patriotik. Melalui warna-warna cerah ini diharapkan yang menggunakan batik Bekasi akan bersemangat dan termotivasi.

Nina Nugroho adalah label busana muslimah rancangan desainer Nina Septiana. Nina mengusung konsep modest fashion for professional yang bernuansa klasik modern. Yaitu memadukan gaya desain klasik yang timeless dengan pemilihan warna tegas yang tak lekang oleh waktu dan gaya modern yang up to date serta mengikuti kebutuhan dan tuntutan mobilitas dunia modern.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2771 seconds (0.1#10.140)