5 Manfaat Jamur Tiram, Salah Satunya Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Selasa, 23 November 2021 - 09:10 WIB
loading...
A
A
A
Mengkonsumsi jamur tiram dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Pasalnya, jamur tiram mengandung beta-glukan yang memiliki efek anti hipertensi dan dapat menurunkan kadar LDL-kolesterol. Selain itu, serat makanan dalam jamur tiram dapat mencegah hiperkolesterolemia (kadar kolesterol tinggi).
3. Menurunkan kadar gula darah
Serat makanan dalam jamur tiram dapat mencegah resistensi insulin. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Jayewardenepura, Sri Lanka, menemukan bahwa bentuk bubuk kering dan bubuk jamur tiram dengan dosis 50 mg/kg/berat badan mengurangi konsentrasi glukosa darah.
Studi lain menunjukkan bahwa jamur tiram secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah pada penderita diabetes. Jamur dapat meningkatkan status glikemik dan membantu mengelola diabetes tipe 2.
Baca Juga: Mengandung Antiinflamasi dan Antioksidan, Ini 5 Khasiat Teh Kunyit
4. Dapat mengurangi risiko kanker
Ekstrak protein jamur tiram memiliki efek anti kanker dan dapat menghambat proliferasi sel kanker payudara dan usus besar. Sebuah studi yang dilakukan oleh Methodist Research Institute, Amerika Serikat, menemukan hubungan baik antara asupan jamur tiram dan mencegah risiko kanker.
3. Menurunkan kadar gula darah
Serat makanan dalam jamur tiram dapat mencegah resistensi insulin. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Jayewardenepura, Sri Lanka, menemukan bahwa bentuk bubuk kering dan bubuk jamur tiram dengan dosis 50 mg/kg/berat badan mengurangi konsentrasi glukosa darah.
Studi lain menunjukkan bahwa jamur tiram secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah pada penderita diabetes. Jamur dapat meningkatkan status glikemik dan membantu mengelola diabetes tipe 2.
Baca Juga: Mengandung Antiinflamasi dan Antioksidan, Ini 5 Khasiat Teh Kunyit
4. Dapat mengurangi risiko kanker
Ekstrak protein jamur tiram memiliki efek anti kanker dan dapat menghambat proliferasi sel kanker payudara dan usus besar. Sebuah studi yang dilakukan oleh Methodist Research Institute, Amerika Serikat, menemukan hubungan baik antara asupan jamur tiram dan mencegah risiko kanker.
Lihat Juga :