Ini Cara Menyembuhkan Luka pada Penderita Diabetes

Jum'at, 03 Desember 2021 - 14:00 WIB
loading...
A A A
Luka akan sembuh lebih cepat jika ada lapisan lembab di bawah perban tertutup. Satu-satunya pengecualian adalah ketika luka terlalu banyak mengeluarkan cairan dari dalam, yang akan membutuhkan perban yang lebih menyerap seperti Allevyn.

Untuk perawatan luka yang tepat, bersihkan luka dengan garam, oleskan gel topikal atau obat salep antibiotik ke luka sekali sehari. Setelah diberi obat, bungkus luka dengan pembalut kasa bersih.

2. Pantau kadar gula darah dengan cermat

Pasien dengan diabetes tahu betapa pentingnya untuk mengawasi kadar glukosa darah dengan cermat. Ini sangat penting jika seseorang memiliki luka kaki, atau dikenal sebagai ulkus kaki diabetik. Ketika kadar glukosa darah tinggi, kondisi ini mencegah sel darah putih melakukan penyembuhan jaringan.

Kadar glukosa yang tinggi dapat menyebabkan penyakit pembuluh darah kecil dan juga membatasi aliran darah di sekitar proses penyembuhan.

3. Kurangi tekanan pada kaki

Aspek terpenting dari penyembuhan luka adalah off-loading perawatan luka kaki seperti halnya menanam rumput yang baru ditanam. Rumput perlu perawatan dan waktu untuk sembuh, dan dalam kasus ulkus kaki diabetik, mungkin seseorang harus berdiri.

Penelitian terhadap 49 pasien pada 2017 menunjukkan bahwa berjalan dapat menunda penyembuhan luka, berdiri tanpa pelindung kaki, mungkin menjadi penyebab utama yang sering tidak disadari.

4. Mencegah luka diabetes

Meski ulkus kaki diabetik umum terjadi pada pasien diabetes, tapi luka ini dapat dihindari. Seseorang dapat mencegahnya dengan melakukan pemeriksaan setiap hari jika ada tanda-tanda seperti trauma kaki, kuku kaki yang tumbuh ke dalam, luka, memar, luka, perubahan warna dan lecet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)