Selama Pandemi, Yuk Cukupi Nutrisi untuk Tingkatkan Imunitas

Senin, 08 Juni 2020 - 13:15 WIB
loading...
Selama Pandemi, Yuk Cukupi Nutrisi untuk Tingkatkan Imunitas
Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Mengapa menerapkan diet sehat selama pandemi sangatlah penting? Selain menjaga Anda tetap bugar, mengonsumsi makanan sehat dengan tepat dan menjaga kebersihan diri saat pandemi bisa menjauhkan Anda dari berbagai macam penyakit.

”Pandemi Covid-19 telah menyebabkan banyak perubahan signifikan dalam kehidupan kita sehari-hari, dan ini berlaku pada bagaimana kita menjalankan diet sehat dan menjaga kesehatan,” kata ahli gizi dari Cloudnine Group of Hospital India dr Nisha, dilansir Times Now News. (Baca: Pentingnya Pangan Aman Selama Pandemi)

Menurutnya, praktik higienis yang tepat tidak akan banyak berpengaruh jika kita tidak memperhatikan sistem kekebalan tubuh dan malah menambah berat badan yang tidak diinginkan akibat pola makan yang buruk.

Dr Nisha menyebutkan, ada beberapa makanan yang dapat Anda sertakan dalam menu untuk mendukung sistem kekebalan tubuh selama pandemi. Pertama adalah protein.

Anda bisa mengonsumsi kacang merah, buncis, dan kacang hitam karena sangat kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Makanan tersebut juga sumber yang lebih baik daripada produk hewani dalam hal nutrisi.

Lalu, buah dan sayuran. WHO merekomendasikan kita untuk mengonsumsi buah dan sayuran. Cobalah menyiapkan buah-buahan yang kaya akan vitamin C, vitamin A, dan vitamin B, seperti kiwi, jeruk, apel, semangka, pir, karena kandungan vitaminnya penting untuk menjaga kekebalan tubuh Anda. (Baca juga: Selain Kekebalan Tubuh, Ini Manfaat Minum Madu Bagi Kesehatan)

Terakhir adalah rempah-rempah, yang merupakan salah satu bahan yang paling mudah disimpan, tetapi penting juga untuk mengetahui apa yang paling Anda butuhkan. Anda bisa menyimpan garam, bubuk cabai merah, jintan, ketumbar, kunyit, dan bahan tersebut cukup untuk menghasilkan rasa yang lezat pada makanan Anda.

“Saat menyiapkan makanan untuk diri sendiri dan orang lain, sangat penting untuk mengikuti standar praktik kebersihan makanan yang baik untuk menghindari kontaminasi makanan,” ujar dr Nisha. (Iman Firmansyah)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)