Bahaya Kolesterol Tinggi di Usia 50 Tahun, Tak Hanya Sebabkan Stroke

Senin, 13 Desember 2021 - 10:33 WIB
loading...
Bahaya Kolesterol Tinggi di Usia 50 Tahun, Tak Hanya Sebabkan Stroke
Kolesterol tinggi di usia 50 tahun bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan serius. Parahnya, bahaya kolesterol tinggi tak hanya menyebabkan stroke. Foto/Eat This.
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi di usia 50 tahun bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan serius. Parahnya, bahaya kolesterol tinggi tak hanya menyebabkan stroke .

Sementara itu, kolesterol tinggi bisa berasal dari genetika atau gaya hidup tidak sehat. Berikut efek samping kolesterol tinggi di usia 50 tahun yang perlu diketahui seperti dilansir dari Eat This, Senin (13/12/2021).


1. Plak Menumpuk di Arteri

Seiring waktu, kolesterol tinggi meningkatkan pembentukan plak di arteri yang dapat membatasi aliran darah ke otak dan jantung, berpotensi menyebabkan konsekuensi yang mengerikan seperti serangan jantung dan stroke.

Menurut American Heart Association, penumpukan plak ini disebut aterosklerosis. Tidak hanya dapat menyebabkan aliran darah terbatas, tetapi plak juga dapat pecah dan tersangkut di aliran darah, yang merupakan cara lain penyumbatan arteri.

Risiko penyumbatan arteri ini adalah dasar dari sisa efek samping kolesterol tinggi setelah usia 50 tahun.

2. Serangan Jantung

Aterosklerosis dapat terjadi seiring waktu dan menyebabkan masalah parah pada jantung dan otak, tetapi sayangnya tidak ada gejala yang terdeteksi. Jika plak pecah, menyebabkan gumpalan darah terbentuk di sekitarnya, membatasi aliran darah ke jantung dan membuatnya kekurangan oksigen, nutrisi yang diperlukan.

Kondisi ini disebut iskemia dan dapat menyebabkan serangan jantung. Penting untuk mewaspadai gejala serangan jantung dan segera mencari perawatan medis darurat jika Anda mengalaminya. Adapun gejala serangan jantung termasuk sesak, terjepit, penuh, nyeri, atau sakit di dada dan lengan, sesak napas, kecemasan, kesulitan bernapas, pusing, dan kelelahan yang berlebihan.


3. Stroke

Penumpukan plak di arteri tidak hanya membatasi aliran darah ke jantung, tetapi juga dapat membatasi aliran ke otak. Penumpukan ini dari waktu ke waktu dapat menyebabkan stroke dengan gejala seperti kehilangan keseimbangan dan koordinasi, pusing mendadak, kebingungan, kata-kata tidak jelas, mati rasa di wajah, lengan, atau kaki, terutama di satu sisi tubuh, atau penglihatan kabur.

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera cari perawatan medis darurat.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)