Bersama DrW Skincare Peduli, IMH Indonesia Kirim Relawan Bantu Korban Semeru

Selasa, 14 Desember 2021 - 16:32 WIB
loading...
Bersama DrW Skincare Peduli, IMH Indonesia Kirim Relawan Bantu Korban Semeru
Tim tersebut total berjumlah 5 relawan yang terdiri dari dokter umum, perawat, bagian logistik serta trauma healing. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - IMH Indonesia dan Drw Skincare Peduli terus bergerak membantu korban erupsi Semeru . Akhir pekan lalu, IMH kembali memberangkatkan tim relawan ke wilayah terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Tim tersebut total berjumlah 5 relawan yang terdiri dari dokter umum, perawat, bagian logistik serta trauma healing.

Sebelumnya, sejak satu hari pasca bencana, IMH telah menurunkan dua tim relawan. Tim pertama yaitu Tim Advance sebanyak 2 relawan yang dipimpin Ketua Tagana IMH, Satrio Bagaskoro melakukan assessment ke beberapa titik pengungsian dan fasilitas kesehatan.

Baca juga: Ini 5 Hal Penting yang Perlu Diketahui dari Vaksinasi Covid-19 Anak 6-11 Tahun

Tim kedua adalah Tim Medis yang terdiri dari dokter, perawat dan bagian logistik berjumlah tujuh relawan yang merupakan gabungan dari relawan IMH dan ECR yang melakukan pelayanan mobile clinic ke titik-titik yang masih minim bantuan medis.

"Adapun bantuan dari DrW Skincare Peduli berupa sembako dll, persiapan tim ini sudah sejak beberapa hari lalu," kata Satrio dalam keterangan persnya, Selasa (14/12/2021).

"Kita juga persiapkan beberapa hal yang diperlukan bagi kegiatan di sana meliputi Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, sarung tangan, kacamata google, sepatu boot, dan lainnya serta keperluan untuk pelayanan kesehatan di daerah yang terjadi bencana seperti obat-obatan dan penunjang lainnya," jelasnya.

Dia mengungkapkan bahwa kegiatan tim tidak langsung berkaitan dengan evakuasi, melainkan pendampingan kesehatan.

"Targetnya siapapun yang membutuhkan akan kami layani sesuai dengan kapasitas kami sebagai tim kesehatan. Namun apabila dirasa kami menemukan satu kasus yang tidak dapat ditangani oleh tim, maka kami akan merujuk ke fasilitas kesehatan terdekat yang memadai," tutur Satrio.

Keberangkatan Tim IMH ini menggunakan satu armada double cabin, dua ambulans Drw Skincare Peduli dan satu truk logistik. Rencananya, tim akan bertugas selama masa tanggap darurat ke depan dan secara bergantian selama 3 hari.

Baca juga: Setelah Drama Bujuk Rayu, Anak Astrid Tiar Akhirnya Mau Divaksin Covid-19

Selanjutnya, tim relawan akan terus dikirimkan secara rotasi sesuai dengan kebutuhkan di lapangan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)