Cepat Menyebar, Omicron Disebut Tidak Lebih Ganas dari Varian Delta

Jum'at, 24 Desember 2021 - 12:01 WIB
loading...
Cepat Menyebar, Omicron Disebut Tidak Lebih Ganas dari Varian Delta
dua penelitian di Inggris mendapatkan beberapa bukti yang bisa menegaskan bahwa Omicron tidak lebih ganas daripada Delta. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Sudah 8 kasus varian Omicron dikonfirmasi di Indonesia. Semuanya adalah imported case atau kasus yang berasal dari luar negeri. Sampai saat ini penyebaran lokal belum terjadi.

Kedelapan kasus Omicron Indonesia pun "terperangkap" di RSD Wisma Atlet, Jakarta. Artinya, belum ada kasus Omicron yang berada di luar Wisma Atlet, dan dengan begitu penanganan pencegahan virus tidak menyebar bisa dimaksimalkan.

Bicara soal Omicron, banyak orang yang kini mempertanyakan seberapa parah jika seseorang terinfeksi varian B.1.1.529 ini. Apakah benar lebih ringan dibandingkan varian Delta yang menyebabkan gelombang kedua di Indonesia pada Juli 2021?

Baca juga: Sederet Artis Indonesia Punya Rumah di Luar Negeri, Nomor 3 Bergaya Vintage Yunani

Laporan terbaru yang dirilis Fox News, dua penelitian di Inggris mendapatkan beberapa bukti yang bisa menegaskan bahwa Omicron tidak lebih ganas daripada Delta. Meski begitu, informasi soal Omicron menyebar lebih cepat adalah hal yang benar dan ini tetap harus jadi kewaspadaan bersama.

"Omicron tidak berbahaya seperti varian Delta. Tapi, penyebaran Omicron lebih cepat dibandingkan Delta," kata Manuel Ascano Jr, seorang ahli biokimia dari Universitas Vanderbilt, dikutip MNC Portal dari Fox News, Jumat (24/12/2021).

Lebih lanjut, analisis dari Imperial College London pun menjelaskan bahwa risiko rawat inap akibat paparan Omicron sangat kecil. Kasus di Inggris, misalnya, orang yang terpapar Omicron 20% lebih kecil kemungkinannya masuk rumah sakit dibandingkan varian Delta.

Analisis tersebut mencakup semua kasus Covid-19 yang dikonfirmasi tes PCR di Inggris sejak awal Desember, yang mana negara tersebut mengidentifikasi 56.000 kasus Omicron dan 269.000 kasus Delta.

Studi terpisah yang dilakukan di Skotlandia oleh peneliti University of Edinburgh dan ahli lainnya mengatakan bahwa risiko rawat inap akibat Omicron 2/3 lebih rendah dibandingkan Delta.

"Tapi, penelitian di Skotlandia ini menunjukkan bahwa hampir 24.000 kasus Omicron didominasi orang dewasa muda berusia 20-39 tahun," ungkap laporan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1989 seconds (0.1#10.140)