Keluarga Miliki Riwayat Kolesterol, Begini Cara Raffi Ahmad Menghindarinya

Sabtu, 25 Desember 2021 - 17:31 WIB
loading...
A A A
Jika diet dan olahraga teratur tidak cukup membantu Anda mengurangi kolesterol, bicarakan dengan dokter Anda tentang penggunaan obat penurun kolesterol.

2. Bawang Putih

Beberapa studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol total dalam darah beberapa persen, tapi hanya dalam jangka pendek.

Sebaliknya, jangan mengonsumsi bawang putih menjelang operasi atau dengan obat pengencer darah seperti Coumadin. Sebab bawang putih dapat memperpanjang waktu pendarahan dan pembekuan.

3. Hindari Rokok dan Alkohol

Bagi Anda yang masih merokok, perlu diketahui merokok dapat menurunkan kadar HDL atau kolesterol baik Anda. Selanjutnya, minum alkohol terlalu banyak bisa meningkatkan kadar kolesterol total Anda.

4. Asam Lemak Omega-3

Mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi penyakit jantung dan menurunkan trigliserida. Usahakan setidaknya dua porsi ikan berlemak seperti salmon, mackerel, herring, tuna, dan sarden per minggu.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Hits dan Instagramable di Malang

Beberapa makanan lain dengan asam lemak omega-3 adalah biji rami dan kenari. Sumber suplemen termasuk kapsul minyak ikan, biji rami, dan minyak biji rami.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3412 seconds (0.1#10.140)