5 Fakta Alat Tes Covid-19 Buatan BRIN yang Mampu Deteksi Omicron

Senin, 17 Januari 2022 - 18:55 WIB
loading...
A A A
Salah satu keunggulan dari tes ini adalah hasil tes sudah dapat diketahui kurang dari satu jam. Kecepatan waktu yang dimiliki alat tes ini bahkan tidak memerlukan banyak alat.

"Ini adalah hasil buatan anak bangsa. Kami bangga tentunya bisa menciptakan inovasi alat tes Covid-19 RT-LAMP ini," papar Tjandrawati dalam Webinar BRIN, Senin (17/1/2022).

3. Sampel diambil lewat swab hidung dan air liur

Alat ini mendeteksi sampel RNA virus yang diambil dari hidung dengan cara swab. Teknik ini memungkinkan hasil pemeriksaan yang akurat karena sampel diambil dari 'sumbernya', yaitu sistem pernapasan.

Tapi, menariknya RT-LAMP juga bisa mendeteksi Covid-19 pada sampel air liur atau saliva.

"Ini dilakukan hanya pada kondisi lebih lanjut. Artinya, sampel saliva tidak diperuntukkan bagi skrining awal karena hasil studi kami menunjukkan sampel saliva pada kasus awal Covid-19 tidak membaca hasil dengan baik," papar Tjandrawati.

"Pada sampel saliva yang diambil dari pasien Covid-19 dengan gejala serius, RT-LAMP dengan sampel saliva mampu membaca hasil dengan baik," tambahnya.

4. Bisa deteksi Omicron

Alat tes Covid-19 BRIN yang diberi nama dagang Qi-LAMP-O tersebut dikatakan mampu secara baik mendeteksi Omicron maupun varian Covid-19 lain seperti Delta.

5. Tidak untuk menggantikan RT-PCR
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)