Vaksin Booster Berbayar Dipastikan Hoax, Begini Cara Mendapatkan Tiket Vaksin Gratis

Jum'at, 21 Januari 2022 - 13:57 WIB
loading...
Vaksin Booster Berbayar Dipastikan Hoax, Begini Cara Mendapatkan Tiket Vaksin Gratis
Program vaksinasi booster atau dosis ketiga diadakan gratis oleh pemerintah untuk semua masyarakat. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pelaksanaan vaksinasi booster Covid-19 di Tanah Air telah dimulai sejak 12 Januari lalu. Namun, masih terdapat oknum yang menyalahgunakan program tersebut untuk kepentingan pribadi.

Seperti diketahui, belum lama ini beredar link pendaftaran vaksin booster berbayar. Informasi tersebut disebarkan melalui pesan berantai WhatsApp dan turut disematkan tautan pendaftaran vaksin booster.

Nantinya calon korban akan diarahkan untuk membayar sejumlah uang.

Baca juga: WHO Sebut Anak-anak dan Remaja Tidak Butuh Vaksin Booster

Menukil akun Instagram resmi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, @dinkesdki, Jumat (21/1/2022), disebutkan jika informasi vaksin booster berbayar adalah 100 persen hoax atau disinformasi.

Nyatanya program vaksinasi booster atau dosis ketiga diadakan gratis oleh pemerintah untuk semua masyarakat.

Informasi hoax tersebut juga telah diklarifikasi Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi.

Dia pun menjelaskan tahapan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi booster Covid-19 secara gratis. Masyarakat bisa mengakses tiket vaksin booster gratis secara resmi melalui aplikasi PeduliLindungi.

Menurut Siti Nadia, apabila masyarakat sudah memiliki tiket vaksin booster, bisa langsung datang ke sentra vaksinasi tanpa perlu mendaftar. "Kalau sudah dapat tiket dari PeduliLindungi, datang saja," ujarnya.

Baca juga: Konser di Las Vegas Ditunda, Adele Tak Kuasa Tahan Air Mata

Di samping itu, masyarakat juga bisa menerima informasi lebih lanjut terkait vaksin booster melalui hotline Kementerian Kesehatan di 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2232 seconds (0.1#10.140)