Hari Gizi Nasional 2022, Minum Susu Rutin Bisa Mencegah Stunting

Selasa, 25 Januari 2022 - 19:20 WIB
loading...
Hari Gizi Nasional 2022, Minum Susu Rutin Bisa Mencegah Stunting
Hari Gizi Nasional 2022 diperingati setiap 25 Januari. Masalah kurang gizi kronis seperti stunting bisa diatasi dengan protein hewani, terutama susu. Foto/Direktorat Sekolah Dasar
A A A
JAKARTA - Hari Gizi Nasional 2022 diperingati setiap 25 Januari. Masalah kurang gizi kronis seperti stunting bisa diatasi dengan protein hewani, terutama susu .

Ahli Gizi sekaligus Wakil Ketua Pusat Kajian Gizi Dan Kesehatan Keluarga (PKGK) UI Prof. drg Sandra Fikawati, MPH mengatakan, stunting atau kelambatan pertumbuhan anak bisa ditandai dengan tubuh pendek pada balita.

"Susu sumber protein hewani paling baik. Susu merupakan sumber zat gizi yang lengkap yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak," kata Prof Sandra Fikawati, MPH dalam webinar, Selasa (25/1/2022).

Susu memiliki kandungan zat gizi makro yakni protein, karbohidrat dan lemak. Selain itu susu juga mengandung vitamin A dan D, serta kalsium dan magnesium yang penting dalam mendukung pertumbuhan anak.




"Susu benar-benar menjadi bagian paling penting dalam pertumbuhan. Susu ini merupakan sumber zat gizi paling lengkap," jelas Prof Sandra.

Selain kandungannya yang kaya akan manfaat, susu juga menjadi pilihan paling praktis di antara sumber protein hewani lainnya. Tidak seperti ikan atau telur yang harus dimasak, susu bisa langsung dikonsumsi oleh anak-anak.

"Susu paling praktis di konsumsi, tidak perlu melakukan persiapan khusus. Kalau ada susu kotak, kita tinggal berikan sedotan saja sudah bisa langsung diminum oleh anak. Berbeda dengan telur atau ikan itu kan harus dipersiapkan secara khusus," ujar Prof Sandra.

Dalam satu kotak susu juga mengandung banyak gizi seperti daging atau ikan. Oleh karena itu, Prof Sandra menyarankan setiap anak untuk minum lebih dari satu gelas susu setiap harinya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1349 seconds (0.1#10.140)