Benarkah Vaksin Booster Tidak Gratis buat yang Tak Punya Kartu BPJS?

Kamis, 27 Januari 2022 - 13:43 WIB
loading...
Benarkah Vaksin Booster Tidak Gratis buat yang Tak Punya Kartu BPJS?
Dalam masa pandemi Covid-19, terdapat banyak sekali hoax dan informasi palsu yang beredar di masyarakat. / Foto:
A A A
JAKARTA - Dalam masa pandemi Covid-19 , terdapat banyak sekali hoax dan informasi palsu yang beredar di masyarakat. Belum lama ini, beredar informasi di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa vaksin booster tidak akan gratis bagi seluruh masyarakat.

Informasi tersebut menyebutkan bahwa masyarakat yang tidak memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan wajib membayar secara mandiri untuk mendapatkan vaksin booster Covid-19.

Sebagaimana diketahui, saat ini belum sepenuhnya masyarakat Indonesia yang mengikuti program BPJS Kesehatan. Tentunya informasi tersebut membuat sebagian masyarakat bertanya apakah mereka bisa mendapatkan vaksin booster Covid-19?

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Gejala Efek Samping Setelah Vaksin Covid-19, Nomor 3 Paling Sederhana

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id Kamis (27/1/2022), memastikan bahwa informasi tersebut salah atau hoax. Faktanya vaksin booster dipastikan gratis bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah memang menyiapkan tiga opsi dalam program vaksinasi booster Covid-19 ini. Di antaranya adalah program pemerintah, Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan, dan mandiri alias berbayar.

Namun, Presiden Joko Widodo akhirnya memutuskan bahwa vaksinasi dosis ketiga ini gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dihindari Setelah Vaksin Covid-19, Nomor 4 Sering Diabaikan

Oleh karenanya, masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan informasi yang beredar. Cek lagi informasi yang diterima melalui media sosial atau broadcast pesan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)