10 Kota Terkaya di Indonesia, Jakarta Posisi Berapa?

Jum'at, 04 Februari 2022 - 04:05 WIB
loading...
10 Kota Terkaya di Indonesia, Jakarta Posisi Berapa?
Kota terkaya di Indonesia salah satunya adalah Jakarta. Mulai dari alam dan budaya hingga kota yang berkembang dan berbenah membuat kota-kota ini menjadi kaya. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Kota terkaya di Indonesia salah satunya adalah Jakarta . Mulai dari alam dan budaya yang melimpah hingga kota yang terus berkembang dan berbenah membuat kota-kota ini menjadi terkaya di Indonesia.

Selain itu, berbagai investor besar juga tertarik membangun perusahaan di kota tersebut. Kotan-kota ini juga terletak sangat strategis sehingga memilki jalur perdagangan yang menguntungkan.

Seperti 10 kota ini contohnya. Tertarik untuk mengunjunginya? Berikut daftar kota terkaya di Indonesia seperti dikutip dari kanal YouTube Ada Yang Baru, Jumat (4/2/2022).


1. Jakarta

Ibu kota terkaya di Indonesia yang pertama adalah Jakarta. Jakarta Pusat juga menjadi pusat ekonomi terbesar di Indonesia dan tempat berdirinya perusahaan-perusahaan di Indonesia sehingga tak heran jika banyak yang ingin merantau ke Jakarta untuk mencari pekerjaan. Jakarta pun tercatat memiliki PDRB atau Produk Domestik Regional Bruto per kapitanya menyentuh Rp692,24 juta.

2. Teluk Bintuni

Teluk Bintuni di Papua Barat memiliki populasi sebanyak 80.115 jiwa pada 2019. Kota ini mempunyai kekayaan alam berlimpah. Begitu juga dengan hasil tambang dan gas menjadi yang utama. PDRB per kapitanya sebesar Rp457,93 juta atau empat kali lipat dari PDRB Jayapura, ibu kota Papua.

3. Kediri

Kediri di Jawa Timur memiliki industri dengan pengolahan dan pabrik berskala besar. Seperti halnya perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Sementara itu, PDRB per kapita Kediri mencapai Rp449,23 juta.

4. Kepulauan Anambas

Kepulauan Anambas di Kepulauan Riau ini sedikit jauh. Namun, Kepulauan Anambas dikenal sebagai penghasil minyak dan gas yang besar. Dari kekayaan alamnya tersebut, kota ini masuk ke jajaran kota terkaya dan termakmur di Indonesia. PDRB per kapitanya mencapai Rp401,86 juta.

5. Mimika

Mimika yang berada di Papua memiliki kekayaan alam berlimpah. Mimika dikenal sebagai penghasil bahan tambang seperti emas, perak dan tembaga. Adapun nominal PDRB per kapita Mimika mencapai Rp396,04 juta.


6. Kutai Timur

Kutai Timur memiliki kekayaan alam berlimpah. Kota ini menjadi tempat beroperasinya tambang batu bara yang terbesar di Indonesia dan sudah ada sejak 1982. PDRB per kapita Kutai Timur pun diketahui mencapai Rp347,76 juta.

7. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu yang masih menjadi bagian dari provinsi DKI Jakarta ini merupakan tempat wisata yang indah dengan pantai dan pulaunya. Adapun PDRB per kapitanya mencapai Rp338,79 juta.

8. Bontang

Bontang memiliki PDRB per kapitanya sebesar Rp337,95 juta. Awalnya, kota ini merupakan perkampungan biasa tapi sekarang sudah menjadi kota paling penting di Kalimantan Timur lantaran menjadi penggerak perekonomian. Bontang sekarang dijuluki sebagai kota industri di Kalimantan Timur dan menjadi tempat berdirinya perusahaan pupuk di wilayah Asia Tenggara.

9. Kepulauan Natuna

Kepulauan Natuna di provinsi Kepulauan Riau berada dekat Laut China Selatan. Tercatat memiliki PDRB per kapita Rp274,20 juta lantaran kota ini memiliki kekayaan yang melimpah. Kepulauan Natuna sendiri dikenal sebagai sektor minyak dan gas dan perikanan.

10. Bengkalis

Kota terkaya di Indonesia yang terakhir adalah Bengkalis. Kota ini memiliki wilayah yang strategis karena dilalui jalur perkapalan internasional yang menuju Selat Malaka. Bengkalis memiliki sumber pendapatan terbesar yang berasal dari sektor perkebunan, minyak dan gas. PDRB per kapitanya menyentuh angka Rp263,86 juta. Dari nilai tersebut yang membuat kota ini masuk ke daftar kota terkaya di Indonesia.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)