10 Makanan yang Bikin Cepat Gemuk, Pas Buat Naikin Berat Badan

Rabu, 09 Februari 2022 - 13:03 WIB
loading...
10 Makanan yang Bikin Cepat Gemuk, Pas Buat Naikin Berat Badan
Makanan yang bikin cepat gemuk bisa menjadi pilihan Anda yang ingin menaikkan berat badan. Pasalnya, bagi sebagian orang, menambah berat badan sulit. Foto/Pharmeasy
A A A
JAKARTA - Makanan yang bikin cepat gemuk bisa menjadi pilihan Anda yang ingin menaikkan berat badan . Pasalnya, bagi sebagian orang, menambah berat badan atau massa otot bisa sama sulitnya dengan menurunkan berat badan bagi orang lain.

Namun, ada beberapa makanan tertentu yang bisa ditambahkan ke dalam diet Anda. Makanan ini terbukti efektif menambahkan berat badan, namun juga tetap menyehatkan.

Apa saja makanan tersebut? Berikut 10 makanan yang bikin cepat gemuk seperti dilansir dari Healthline, Rabu (9/2/2022).


1. Susu

Susu telah lama digunakan sebagai penambah berat badan atau pembangun otot selama beberapa dekade. Ini karena kandungannya dalam hal memberikan keseimbangan protein, karbohidrat, lemak dan kalsium yang baik serta vitamin dan mineral.

Bagi mereka yang mencoba menambah lebih banyak otot, susu adalah sumber protein yang sangat baik yang menyediakan protein kasein dan whey. Penelitian bahkan menunjukkan zat itu dapat membantu menambah otot ketika dikombinasikan dengan olahraga angkat besi.

2. Nasi

Nasi adalah sumber karbohidrat murah yang nyaman untuk membantu menambah berat badan. Hanya satu cangkir (158 gram) nasi putih matang bisa menyediakan 204 kalori, 44 gram karbohidrat, dan sangat sedikit lemak.

Nasi juga cukup padat kalori. Ini artinya Anda dapat dengan mudah mendapatkan karbohidrat dan kalori dalam jumlah tinggi dari satu porsi. Ini membantu seseorang makan lebih banyak, terutama bagi anda memiliki nafsu makan yang buruk atau cepat kenyang.

3. Smoothies Berprotein

Minum smoothies protein buatan sendiri bisa menjadi cara yang sangat bergizi dan cepat untuk menambah berat badan. Membuat smoothie sendiri adalah cara terbaik karena versi komersial seringkali penuh dengan gula dan kekurangan nutrisi. Ini juga membuat Anda mengontrol penuh atas rasa dan kandungan nutrisi.

4. Daging Merah

Daging merah mungkin adalah salah satu makanan pembentuk otot terbaik yang tersedia. Hal itu karena 6 ons (170 gram) steak daging merah mengandung sekitar 5 gram leusin. Leusin adalah asam amino utama yang dibutuhkan tubuh untuk merangsang sintesis protein otot dan menambah jaringan otot baru. Ini juga mengandung 456 kalori dan hampir 49 gram protein.

5. Salmon dan Ikan Berminyak

Seperti daging merah, salmon dan ikan berminyak adalah sumber protein yang sangat baik dan lemak sehat yang penting. Dari semua nutrisi yang diberikan salmon dan ikan berminyak, asam lemak omega-3 termasuk yang paling penting dan terkenal.

Mereka menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan dan membantu melawan penyakit. 6 ons atau setara 170 gram fillet salmon sockeye liar tanpa tulang menyediakan sekitar 250 kalori dan 12 gram lemak sehat. Porsi yang sama juga mengemas 37 gram protein berkualitas tinggi, membantu Anda membangun otot atau menambah berat badan.


6. Kacang dan Selai Kacang

Kacang dan selai kacang adalah pilihan makanan sempurna jika Anda ingin menambah berat badan dengan lezat. Satu genggam kecil almond mentah (1/4 cangkir) mengandung 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat, dan 15 gram lemak sehat (7). Karena kacang sangat padat kalori, mengonsumsi dua genggam per hari dengan makanan atau sebagai camilan dapat dengan cepat menambah ratusan kalori.

Anda juga dapat menambahkan selai kacang ke berbagai makanan ringan atau hidangan. Seperti smoothie, yogurt untuk mengubahnya menjadi camilan berkalori tinggi dalam waktu singkat.

7. Alpukat

Alpukat sarat dengan lemak sehat. Tidak seperti buah utuh lainnya, alpukat cukup padat kalori dan karena itu merupakan makanan yang baik untuk membantu menambah berat badan. Satu alpukat besar menyediakan sekitar 322 kalori, 29 gram lemak, dan 14 gram serat. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, dan berbagai senyawa tanaman yang bermanfaat.

8. Cokelat Hitam

Cokelat hitam berkualitas tinggi memberikan banyak antioksidan dan manfaat kesehatan. Cokelat hitam dengan setidaknya 70% kakao membantu mengatur hormon stres dan kadar gula darah. Makanan ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, beberapa jenis kanker, peradangan, stres, dan diabetes.

Lalu seperti makanan tinggi lemak lainnya, cokelat hitam memiliki kepadatan kalori yang sangat tinggi. Setiap batang 100 gram (3,5 ons) dengan 60-75% padatan kakao memiliki sekitar 600 kalori dan dikemas dengan mikronutrien dan senyawa yang meningkatkan kesehatan, termasuk serat, magnesium, dan antioksidan.

9. Keju

Keju telah menjadi makanan pokok selama berabad-abad. Dan seperti cokelat hitam, produk olahan dari susu ini tinggi kalori dan lemak. 1 ons keju cheddar (28 gram) memiliki 110 kalori dan 7 gram protein. Karena keju enak, Anda dapat memasukkannya ke dalam sebagian besar hidangan dan dengan mudah menambahkan beberapa ratus kalori ekstra pada makanan tersebut.

10. Telur Utuh

Telur adalah salah satu makanan pembentuk otot paling sehat karena menyediakan kombinasi yang hebat dari protein berkualitas tinggi dan lemak sehat. Setiap telur mentah besar dengan berat 2 ons plis cangkang (50 gram) memiliki sekitar 74 kalori.

Sangat penting untuk memakan telur utuh. Karena faktanya, hampir semua nutrisi bermanfaat dalam telur ditemukan di kuning telur.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7036 seconds (0.1#10.140)