5 Kabupaten Tersepi di Indonesia, Penduduknya Jarang Terlihat

Kamis, 24 Februari 2022 - 06:05 WIB
loading...
5 Kabupaten Tersepi di Indonesia, Penduduknya Jarang Terlihat
Ada lima kabupaten tersepi di Indonesia. Penduduk di kabupaten ini jarang terlihat, hidup tanpa tetangga. Padahal, Indonesia dikenal populasinya yang besar. Foto/Transportasi Online Watch
A A A
JAKARTA - Ada lima kabupaten tersepi di Indonesia. Penduduk di kabupaten ini jarang terlihat. Mereka juga hidup dengan tanpa tetangga. Padahal, Indonesia dikenal dengan populasinya yang besar.

Indonesia sendiri ada sekitar 514 kabupaten kota. Dari jumlah tersebut, ada kabupaten tersepi di Indonesia yang dilihat dari kepadatan penduduk dengan rumus total penduduk dibagi dengan luas wilayahnya.

Lantas kabupaten mana saja? Berikut daftar kabupaten tersepi di Indonesia dikutip dari kanal YouTube Angka dan Data pada Kamis (24/2/2022).


1. Mamberamo Raya, Papua

5 Kabupaten Tersepi di Indonesia, Penduduknya Jarang Terlihat


Kabupaten tersepi di Indonesia pertama adalah Mamberamo Raya . Adapun jumlah penduduk di kabupaten ini mencapai 22.313 jiwa pada 2017 dengan luas 23.813.91 KM2. Bahkan luaa Mamberamo Raya ini mengalahkan luas dari satu provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Akibat jumlah penduduk yang sangat sedikit dan wilayah yang sangat luas, maka rata-rata kepadatan penduduk di kabupaten ini hanya satu jiwa per KM2. Hal ini membuat jarang terlihat pemukiman penduduk yang padat dan kebanyak wilayah di Mamberamo Raya dipenuhi hutan.

2. Malinau, Kalimantan Utara

5 Kabupaten Tersepi di Indonesia, Penduduknya Jarang Terlihat


Malinau memiliki luas wilayah sebesar 42.620,70 KM2 dan hanya ditempati oleh 80.618 jiwa pada 2016. Luas ini mengalahkan luas wilayah satu provinsi Jawa Tengah. Jika dihitung, didapati kepadatan penduduk di kabupaten ini hanya dua jiwa per KM2.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1514 seconds (0.1#10.140)