Teh Jenis Ini Tingkatkan Risiko 6 Jenis Kanker, Setara Merokok 100 Batang

Senin, 28 Februari 2022 - 12:42 WIB
loading...
Teh Jenis Ini Tingkatkan...
Teh jenis tertentu diketahui bisa meningkatkan risiko enam jenis kanker sekaligus. Risiko ini bahkan disebut setara dengan merokok sebanyak 100 batang. Foto/Express
A A A
JAKARTA - Teh jenis tertentu diketahui bisa meningkatkan risiko enam jenis kanker sekaligus. Risiko ini bahkan disebut setara dengan merokok sebanyak 100 batang.

Satu teh herbal asli Amerika Selatan, telah dikaitkan dengan enam bentuk kanker yang berbeda. Teh bernama yerba mate ini merupakan teh herbal yang secara tradisional disajikan dalam labu dengan sedotan logam.

Teh ini dipercaya mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu, minuman ini juga sering disamakan dengan teh hijau dengan beberapa sumber mengklaim bahwa teh hijau mengandung 90 persen lebih banyak antioksidan.

Dilansir dari Express, Senin (28/2/2022) tetapi meskipun mengandung mineral dan vitamin yang banyak, dan antioksidan, penelitian menunjukkan minuman tersebut dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.

Baca Juga: Malu Dikira Alami Penyakit Menular Seks, Wanita Ini Ternyata Idap Kanker Lidah

”Dosis tinggi dan penggunaan teh mate dalam waktu lama dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat, kandung kemih, mulut, esofagus, paru-paru, serta kepala dan leher," kata Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering.

Teh mengandung hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH), yang juga ditemukan dalam daging panggang dan asap tembakau. Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan karsinogen dapat memiliki implikasi serius bagi sistem kekebalan, reproduksi dan neurologis.

“Mereka juga dapat menyebabkan efek perkembangan dan meningkatkan risiko kanker,” jelas Healthline.

Dalam satu studi awal yang dilakukan di Uruguay, peneliti menemukan peminum mate berat 60 persen kali lebih mungkin untuk menyebabkan kanker paru-paru bila dibandingkan dengan peminum ringan.

Baca Juga: Hari Kanker Anak Sedunia 2022, Sejarah, Tema, dan Maknanya

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology Biomarker and Prevention, dilakukan pada sampel 1.000 orang dewasa Uruguay. Temuan menunjukkan bahwa minuman tersebut dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker pernapasan atau pencernaan.

Mereka juga mengungkapkan pasien lebih mungkin didiagnosis dengan kanker paru-paru sel kecil, yang merupakan bentuk penyakit yang kurang umum. Kanker paru-paru sel kecil sangat terkait dengan merokok, tetapi para peneliti mengendalikan variabel ini dalam penelitian ini.

Temuan mengarahkan penulis ke saran bahwa mate bisa bertanggung jawab untuk sebanyak satu dari lima kasus kanker ini di Amerika Selatan. Hasilnya konsisten dengan penelitian lebih lanjut yang diterbitkan dalam jurnal yang sama pada 2003, yang mengamati sampel 800 orang dewasa.

Kali ini, hasil penelitian mengungkapkan bahwa minum mate dapat melipatgandakan risiko kanker kerongkongan. Makalah yang diterbitkan dalam jurnal peer-review of Environmental Science and Technology pada 2012 juga menunjukkan bahwa risiko minuman ini setara dengan asap 100 batang rokok.

Baca Juga: Sering Sariawan Bisa Jadi Ciri-ciri Kanker Mulut, Waspada!

"Bukti terbaru menunjukkan bahwa minum mate menjadi sumber utama paparan PAH, menyebabkan paparan sebanyak merokok tembakau. Berasumsi bahwa penggunaan rata-rata 50 gram daun, maka minum secangkir rata-rata mate dengan cara tradisional akan memaparkan konsumen pada konten yang setara asap dari 100 batang rokok (lima bungkus)," bunyi makalah tersebut.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Isu Semprot Parfum di...
Isu Semprot Parfum di Leher Sebabkan Kanker dan Tiroid Ternyata Mitos, Ini Kata Dokter
Tips Sate Sehat Anti...
Tips Sate Sehat Anti Kanker ala Menkes, Cocok untuk Olahan Daging Kurban
Angka Kasus Kanker Tembus...
Angka Kasus Kanker Tembus 408 Ribu, Teknologi SPECT/CT Pertama Hadir untuk Putus Diagnosis Stadium Lanjut
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
Jangan Tunggu Keluhan,...
Jangan Tunggu Keluhan, Pemeriksaan Mata Anak Perlu Dilakukan Sejak Dini
5 Manfaat Kopi yang...
5 Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui, Bikin Panjang Umur hingga Cegah Penyakit Kronis
Transformasi Rejuve...
Transformasi Rejuve Dorong Kebiasaan Hidup Sehat
Perjuangkan Nasib Dokter...
Perjuangkan Nasib Dokter Muda, PDMI Minta Pemerintah Buka Kembali Akses Ujian Kompetensi
Hidup dengan Multiple...
Hidup dengan Multiple Sclerosis, Penderita Kelihatan Baik-baik Saja meski Berjuang Dalam Diam
Rekomendasi
Tepis Isu Menguntungkan...
Tepis Isu Menguntungkan Kapolri, Pakar: UU Polri Baru Berpihak pada Kepentingan Publik
Perbandingan 5 Varian...
Perbandingan 5 Varian BYD M6 DM: Mana yang Pas untuk Kebutuhan Anda?
Unjuk Rasa Mahasiswa...
Unjuk Rasa Mahasiswa Bubar, Polisi Mulai Buka Jalan Jenderal Sudirman Arah Bundaran HI
Berita Terkini
Kasus Erin Berbalik...
Kasus Erin Berbalik Arah? Bukti Psikologis Nur Disebut Untungkan Herawati
Tak Hanya Ganggu Mental,...
Tak Hanya Ganggu Mental, Sering Marah-marah Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh
Babak Baru Kasus Erin...
Babak Baru Kasus Erin Wartia, Pelapor Serahkan Dokumen LPSK ke Penyidik
Pesona China yang Berbeda:...
Pesona China yang Berbeda: Eksplor Keunikan Infrastruktur Chongqing dan Alam Zhangjiajie
Cut Meyriska Syok Hanania...
Cut Meyriska Syok Hanania Travel Bermasalah, Padahal Sudah Kantongi Akreditasi dan Rekor MURI
Desainer Indonesia Ditantang...
Desainer Indonesia Ditantang Jadi Agen Perubahan, Tak Lagi Sekadar Estetika
Infografis
6 Jenderal Bintang 4...
6 Jenderal Bintang 4 AS Ini Pernah Peringatkan Trump soal Risiko Perang Melawan Iran
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved