alexametrics

Mal Dibuka, Ini Panduan Belanja Aman dan Sehat Selama Pandemi

loading...
Mal Dibuka, Ini Panduan Belanja Aman dan Sehat Selama Pandemi
Seorang wanita membawa banyak tas belanja di pusat berbelanjaan. Pembukaan kembali mal di Jakarta mulai Senin (15/6) ini harus diikuti dengan penaatan protokol kesehatan. Foto Ilustrasi/Getty Images
A+ A-
JAKARTA - Mulai Senin (15/6) ini sebanyak 80 mal dan pusat perbelanjaan di Jakarta kembali dibuka. Kendati demikian, masyarakat diingatkan untuk tidak terlena. Protokol kesehatan tetap harus diterapkan, baik oleh tenant maupun pengunjung.

Selain itu, agar tidak tertular oleh virus corona baru yang menyebabkan pandemi COVID-19, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berbelanja di mal. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan agar setiap orang memakai masker kain saat akan berada di tempat umum, termasuk di mal. (Baca Juga: PSBB Berdampak pada Penambahan Volume Sampah Plastik)

Rekomendasi ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran COVID-19 dari orang yang terinfeksi tetapi tidak menyadarinya, karena mereka tak menunjukkan gejala. Gunakan hand sanitizer sebelum memasuki toko dan setelah pergi. Anda juga harus mempertimbangkan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah memilih barang.



Dilansir dari laman Livescience, jika mal yang Anda kunjungi tidak menyediakan tisu desinfektan, bawalah tisu sendiri untuk digunakan pada troli, pegangan keranjang, dan anjungan tunai mandiri (ATM). Seperti pengaturan publik lain, Anda harus menjaga jarak setidaknya 6 kaki atau 1,8 meter dari pengunjung lain.

Cobalah untuk tidak menyentuh sesuatu yang tidak perlu. Ini artinya jangan mengambil beberapa produk untuk mencoba menemukan produk yang paling matang, misalnya. Selian itu, Anda tidak perlu mengenakan sarung tangan ke mal karena sarung tangan menjadi terkontaminasi dengan cara yang sama seperti yang dilakukan tangan Anda.

Mencuci atau membersihkan tangan sebelum dan sesudah memasuki toko adalah hal yang penting. Tetapi, jika Anda memilih untuk memakai sarung tangan, gunakan yang sekali pakai dan buang sebelum Anda masuk ke mobil, saat ingin mengemudi, atau segera setelah Anda tiba di rumah apabila Anda pulang dengan berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum. (Baca Juga: 5 Ide Dekor Interior agar Temu Virtual Tak Membosankan)

Sementara itu, hal lain yang tak kalah penting adalah hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci. Pastikan juga untuk meminimalkan waktu belanja sehingga minim kontak dengan orang lain, produk, maupun permukaan yang belum terjamin kebersihannya. Agar Anda tetap merasa aman dan nyaman berbelanja, kunjungi mal di jam-jam yang sekiranya tidak banyak orang.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak