Profil Hilman Hariwijaya, Penulis Lupus yang Populer Era 80-an

Rabu, 09 Maret 2022 - 11:22 WIB
loading...
Profil Hilman Hariwijaya, Penulis Lupus yang Populer Era 80-an
Hilman Hariwijaya yang terkenal sebagai penulis Lupus meninggal dunia hari ini, Rabu (9/3/2022). Hilman menghembuskan napas terakhirnya pada usia 57 tahun. Foto/Indonesia Film Center
A A A
JAKARTA - Hilman Hariwijaya yang terkenal sebagai penulis Lupus meninggal dunia hari ini, Rabu (9/3/2022) pukul 08.02 WIB. Hilman menghembuskan napas terakhirnya pada usia 57 tahun.

Kabar duka ini pertama kali dibagikan oleh mantan istri Hilman, Nessa Sadin. Melalui Instagram pribadinya, Nessa terlihat meminta doa untuk sang penulis itu.

“Innalillahi wainnaillahi rojiun Telah berpulang Hilman Hariwijaya Rabu, 9 Maret 2022 pukul 08.02 WIB. Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya untuk almarhum,” tulis Nessa.

Hilman Hariwijaya merupakan penulis yang cukup populer di era 80 dan 90-an. Namanya melejit usai menulis cerita pendek berjudul Lupus di majalah Hai pada Desember 1986. Cerpen tersebut lalu dibukukan menjadi sebuah novel dengan judul yang sama.


Novel tersebut populer dan diangkat hingga ke layar lebar serta sinetron. Seperti diketahui, Lupus diceritakan sebagai pelajar dan wartawan muda di majalah. Dia tinggal bersama mami dan adiknya yang bernama Lulu.

Masih dalam seri Lupus, Hilman juga merilis buku Lupus Kecil dan Lupus ABG sebagai wujud Lupus di masa SD dan SMP, yang ditulis bersama Boim Lebon.

Seri tersebut telah menghasilkan lima film layar lebar dan sinetron yang diangkat dari 52 buku yang ada. Berbagai aktor yang sempat memerankan karakter Lupus yakni Ryan Hidayat, Oka Sugawa, Rico Karindra, Irgy Ahmad Fahrezy dan Attar Syah.

Selain Lupus, karakter fiksi lain yang ditulis oleh Hilman semasa hidup yakni Olga, Lulu, Vanya, dan Vladd yang ditulis bersama rekan-rekannya pada era 90-an dan 2000-an. Kemudian juga ada kisah fiksi Keluarga Hantu dan beberapa buku lainnya seperti Cerita Cinta, Simfoni Biru, Mambo, dan lainnya.


Tak hanya penulis buku, Hilman juga tercatat sebagai penulis skenario untuk beberapa film dan puluhan judul sinetron Tanah Air. Sejumlah yang populer yakni film Dealova, film Anak Ajaib, dan sinetron Cinta Suci.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)