Manfaat Bawang Putih untuk Kolesterol, Anda Wajib Tahu!

Senin, 14 Maret 2022 - 05:45 WIB
loading...
Manfaat Bawang Putih untuk Kolesterol, Anda Wajib Tahu!
Manfaat bawang putih untuk kolesterol harus dipahami oleh para penderitanya. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Manfaat bawang putih untuk kolesterol harus dipahami oleh para penderitanya. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol.

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Kolesterol merupakan jenis lipid khusus yang disebut steroid, suatu lipid yang memiliki struktur kimia empat cincin atom karbon.



Dilansir dari laman Alodokter, kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan seperti daging dan susu. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi.

Untuk menurunkan kolesteror, ternyata bawang putih memiliki manfaat yang begitu hebat. Bumbu utama setiap masakan itu dipercaya dapat menjadi penurun kolesterol secara alami. Berikut manfaat bawang putih untuk kolesterol, yang dikutip dari Hellosehat:



1. Bantu Turunkan Kolesterol

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine mengungkapkan bahwa konsumsi 10 gram bawang putih mentah (1-2 siung) setiap hari membantu menurunkan kolesterol dalam 2 bulan. Kandungan allicin dalam bawang putih sangat bermanfaat untuk menghambat kinerja enzim pembentuk kolesterol.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu gangguan yang rentan bagi penderita kolesterol. Apabila didiamkan akan beresiko terkena serangan jantung. Kandungan Allicin dalam bawang putih bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah, termasuk pada penderita kolesterol.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Bawang putih juga baik untuk kesehatan jantung. Sebuah studi dari Journal of Nutrition menunjukkan efek bawang putih yang dikeringkan terhadap endapan kalsium di dalam pembuluh arteri. Sehingga risiko serangan jantung menurun apabila mengonsumi bawang putih.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)