Cocok untuk Vegetarian, Ini Daftar Makanan Kaya Protein Pengganti Daging

Senin, 14 Maret 2022 - 07:27 WIB
loading...
Cocok untuk Vegetarian,...
Kacang merah merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Foto/Healthline
A A A
MAKASSAR - Daging kaya akan protein dan vitamin B kompleks (seperti B6 dan B12) yang penting bagi tubuh untuk membuat sel darah merah dan DNA serta membantu perkembangan dan fungsi sel saraf dan otak.

Mengkonsumsi nutrisi ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung, otak, kulit dan otot. Meski demikian, banyak orang yang membatasi mengkonsumsi daging dengan berbagai alasan.

Dilansir dari Boldsky, Senin (14/3/2022), berikut ini beberapa makanan kaya protein yang bisa menggantikan fungsi daging.

1. Kacang Merah

Menurut sebuah penelitian, kacang merah yang dimasak mengandung protein tertinggi (9,7 g/100 g) dibandingkan dengan buncis, kacang putih, lentil hijau dan lentil coklat.

Kacang merah juga kaya serat makanan dan dengan demikian, dapat membantu membuat kita kenyang lebih lama, meningkatkan pencernaan, menjaga kadar gula dan membantu menurunkan berat badan.



2. Almond

Satu ons almond mengandung sekitar 6 gram protein. Kacang pohon ini juga merupakan sumber serat, vitamin E dan magnesium yang baik. Mengkonsumsi almond dapat memiliki efek positif pada tubuh karena dapat membantu menjaga kadar glukosa, mengontrol kadar kolesterol dan memberikan rasa kenyang, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Buncis

Buncis mengandung sekitar 19 gram protein per 100 gram. Kacang-kacangan ini dianggap sebagai salah satu sumber protein nabati terbaik. Buncis mengandung senyawa bioaktif seperti tanin, karotenoid, asam fitat dan isoflavon yang memberikan berbagai manfaat kesehatan, terutama yang berkaitan dengan jantung dan perut.

4. Edamame

Edamame adalah kedelai muda atau belum matang yang dipanen sebelum matang. Edamame yang dimasak mengandung sekitar 11 gram protein per 100 gram. Bentuk kedelai ini menyediakan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan kanker serta meningkatkan kesehatan kulit.



5. Tepung Soba

Soba adalah pseudocereal yang dibudidayakan dari biji tanaman soba yang mirip biji-bijian. Sekitar 100 gram tepung soba mengandung 15,14 gram protein.

Gandum utuh ini dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Soba juga bebas gluten dan rendah kalori sehingga baik untuk penderita penyakit Celiac atau alergi gluten.

(agn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)