Ini 5 Negara yang Melarang Bos Menghubungi Karyawan di Luar Jam Kerja

Jum'at, 25 Maret 2022 - 07:03 WIB
loading...
Ini 5 Negara yang Melarang Bos Menghubungi Karyawan di Luar Jam Kerja
Ada 5 negara yang melarang bos untuk menghubungi karyawan di luar jam kerja. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Ada 5 negara yang melarang bos untuk menghubungi karyawan di luar jam kerja. Negara-negara ini menerapkan sistem kerja yang efektif selama jam kerja sehingga karyawan tidak dibebani pekerjaan di luar jam kerja.

Karyawan di 5 negara ini mendapatkan kebebasan di luar jam kerja untuk privasi dan keluarga. Bos atau pimpinan perusahaan yang menghubungi karyawan atau memberi pekerjaan di luar jam kerja yang disepakati bisa mendapatkan hukuman sesuai undang-undang yang berlaku.

Berikut 5 negara yang melarang bos menghubungi karyawan di luar jam kerja seperti dilansir dari berbagai sumber.

Baca juga: Jangan Lupa, Kunjungi 5 Spot Ini Jika ke Raja Ampat

1. Prancis

Prancis memberlakukan aturan yang melarang bos perusahaan untuk mengirim email pekerjaan ke karyawannya di luar kerja. Aturan ini sudah berlaku sejak 2017.

Aturan ini bertujuan agar karyawan mempunyai waktu untuk privasi dan keluarga tanpa dicampuri urusan keluarga. Karyawan memiliki hak untuk tidak membalas pesan atau email dari atasan perusahaan di luar jam kerja yang sudah ditentukan.

2. Spanyol

Spanyol merupakan salah satu negara yang melarang bos menghubungi karyawan di luar jam kerja untuk masalah pekerjaan. Spanyol juga memberikan hak kepada karyawan untuk tidak membalas pesan dan email yang berhubungan dengan pekerjaan.

Spanyol juga memperbolehkan karyawan untuk mematikan ponselnya di luar jam kerja agar tidak terganggu dengan urusan pekerjaan. Hal ini berlaku baik di kantor pemerintah dan kantor swasta yang ada di Spanyol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)