Mengenal Gejala Umum Long Covid-19 yang Kerap Dirasakan Penderitanya, Ini Kata WHO

Minggu, 27 Maret 2022 - 10:11 WIB
loading...
Mengenal Gejala Umum Long Covid-19 yang Kerap Dirasakan Penderitanya, Ini Kata WHO
Sembuh dari Covid-19 belum menjamin seseorang tidak akan terinfeksi kembali oleh virus Covid-19 varian apa pun. Begitu juga bisa mengalami long haul atau lebih dikenal sebagai long Covid-19. Foto/ilustrasi/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Sembuh dari Covid-19 belum menjamin seseorang tidak akan terinfeksi kembali oleh virus Covid-19 varian apa pun. Begitu juga bisa mengalami 'long haul' atau lebih dikenal sebagai long Covid-19 .

Kondisi long Covid-19 merupakan pasien mengalami berbagai efek jangka menengah dan panjang setelah pulih dari penyakit awal mereka. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bukti saat ini menunjukkan sekitar 10% -20% orang mengalami berbagai efek jangka menengah dan panjang.

Kondisi pasca Covid-19 dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti pekerjaan atau pekerjaan rumah tangga. Beberapa orang juga mengalami efek psikologis sebagai bagian dari kondisi pasca Covid-19.

Ada pun gejala paling umum ditemukan dari kondisi pasca Covid-19 meliputi:

Baca Juga: Waspada Fenomena Long COVID-19, Berikut Penjelasan PDPI

* Kelelahan
* Sesak napas atau kesulitan bernapas
* Masalah memori, konsentrasi, atau tidur
* Batuk terus menerus
* Sakit dada
* Kesulitan berbicara
* Nyeri otot
* Kehilangan bau atau rasa
* Depresi atau kecemasan
* Demam

Lead Clinical Management WHO, dr. Janet Diaz menerangkan ada tiga gejala umum yang dirasakan saat long Covid-19. Tapi ini baru tiga, sebenarnya ada lebih dari 200 gejala dijelaskan dalam literatur dari pasien yang pernah atau memiliki kondisi pasca Covid-19.

"Ada tiga gejala umum dari kondisi pasca-covid: satu adalah kelelahan, kedua adalah sesak napas atau kesulitan bernapas dan yang ketiga adalah disfungsi kognitif," kata dr. Janet dilansir Times of India, Minggu (27/3/2022).
(hri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1616 seconds (10.101#12.26)