Seperti Bruce Willis, 4 Selebritas Ini Pernah Menderita Penyakit Afasia

Kamis, 31 Maret 2022 - 11:50 WIB
loading...
A A A
Aktris yang ikut berperan dalam serial Game of Thrones ini bercerita bahwa sepulangnya syuting pada 2011, dia mengalami aneurisma yang menyebabkan stroke dan perdarahan subarachnoid.

Masalah kesehatan tersebut membuat dirinya perlu tindakan operasi otak. Dan 2 pekan pascaoperasi Clarke tak bisa mengingat namanya sendiri.

"Saya menderita kondisi yang disebut afasia. Itu terjadi akibat trauma yang diderita otak saya," kata Clarke dalam esai 2019 di The New Yorker.

Di momen itu, Clarke sempat ingin mati. Dia merasa hidupnya sudah selesai, terlebih pekerjaan menuntutnya untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Tapi, karena afasia, semua sirna.

"Saat saya didiagnosa afasia, saya dilarikan lagi ke ICU dan mendapat penanganan medis dan terapi sekitar seminggu. Setelah itu saya bisa bicara kembali," ujar dia.

3. Dick Clark

Senior di industri televisi dan radio Amerika Serikat yang satu ini pun diketahui pernah mengalami afasia sebelum meninggal dunia pada 2012.

Clark pada Desember 2004 didiagnosa stroke yang membuatnya lumpuh di satu sisi dan secara signifikan mengganggu bicaranya.

"Apa yang saya alami ini membuat saya dalam kondisi yang amat buruk. Saya harus belajar sendiri cara berjalan dan berbicara. Butuh waktu lama untuk jalani terapi itu dan perjuangan yang sulit dan melelahkan," ucap Clark kala itu.

4. Randy Travis
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)