6 Hal yang Perlu Dilakukan Ibu Menyusui saat Jalani Puasa Ramadhan

Sabtu, 02 April 2022 - 15:24 WIB
loading...
6 Hal yang Perlu Dilakukan Ibu Menyusui saat Jalani Puasa Ramadhan
Produksi ASI tetap berjalan normal jika Anda memperhatikan beberapa hal, salah satunya kecukupan cairan tubuh dan nutrisi yang baik saat sahur dan buka puasa. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Ibu menyusui tak usah ragu jika ingin puasa Ramadan. Pasalnya, produksi ASI tetap berjalan normal apabila Anda memperhatikan beberapa hal, salah satunya kecukupan cairan tubuh dan nutrisi yang baik saat sahur dan buka puasa.

Pastinya, terdapat beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan jika memutuskan untuk berpuasa , misal gejala dehidrasi. Kalau sudah muncul gejala tersebut, ada baiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Dokter Umum Konselor Laktasi RS Pondok Indah, dr Nabila Rahmania, IBCLC, pun memiliki tips yang bisa dilakukan para ibu menyusui agar produksi ASI tetap melimpah sekalipun berpuasa. Berikut ulasannya.

Baca juga: Vicky Prasetyo Ngaku Kehilangan Keperjakaan Usai Direnggut Ibu Kantin Semasa SMA

1. Minum yang Cukup

Pastikan ibu memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air yang cukup sekurangnya 2 liter. Penuhilah kebutuhan cairan harian dengan minum sedikit tapi sering antara buka puasa dan sahur.

"Hindari minum terlalu banyak sekaligus sebelum puasa dimulai. Hal ini justru akan membuat ibu sering buang air kecil dan haus jadi lebih cepat," ujar dr. Nabila dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal, Sabtu (2/4/2022).

2. Pilih Makanan Bergizi saat Sahur

Saat sahur, dr. Nabila menyarankan untuk pilih makanan dengan gizi seimbang yang mencakup protein dan karbohidrat kompleks agar ibu menyusui mendapat energi cukup untuk menjalankan puasa selama seharian penuh.

3. Segera Berbuka
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)