5 Tips Menjaga Gula Darah di Bulan Ramadan, Wajib Tahu!

Selasa, 05 April 2022 - 14:27 WIB
loading...
5 Tips Menjaga Gula Darah di Bulan Ramadan, Wajib Tahu!
Tips menjaga gula darah di bulan Ramadan harus Anda terapkan jika tak ingin mengalami gangguan kesehatan. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Tips menjaga gula darah di bulan Ramadan harus Anda terapkan jika tak ingin mengalami gangguan kesehatan. Seperti kita semua tahu bahwa selama berpuasa di bulan Ramadhan, tentu ada perubahan yang terjadi pada tubuh.

Salah satu perubahan yang terjadi yakni penurunan kadar gula darah karena tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama belasan jam. Walaupun hal ini normal, tetapi kondisi tersebut bisa menjadikan masalah besar bagi para penderita diabetes.



Pasien diabetes yang menjalani puasa selama bulan Ramadan berisiko mengalami komplikasi kesehatan utama. Di antaranya kondisi hipoglikemia atau penurunan kadar gula darah secara tiba-tiba yang dapat menyebabkan kejang dan tidak sadarkan diri.

Kemudian, pasien diabetes juga berisiko mengalami hiperglikemia atau peningkatan gula darah yang dapat menyebabkan penglihatan kabur, sakit kepala, peningkatan rasa lelah, dan haus. Oleh karena itu mereka hanya bisa berpuasa apabila telah berkonsultasi dengan dokter.

Berikut tips menjaga gula darah di bulan Ramadan, khususnya bagi para penderita diabetes, seperti dirangkum dari laman Food NDTV, Selasa (5/4/2022).

1. Konsultasi dengan Dokter

Tips menjaga gula darah di bulan Ramadan bagi pasien diabetes adalah harus tetap berkonsultasi dengan dokter. Biasanya, mereka akan memberikan saran tentang rekomendasi diet harian, dosis insulin serta konsumsi obat lain yang diresepkan.



2. Kontrol Asupan Makan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)