Cegah Bau Mulut saat Puasa dengan 8 Cara Berikut Ini

Rabu, 06 April 2022 - 09:53 WIB
loading...
Cegah Bau Mulut saat Puasa dengan 8 Cara Berikut Ini
Efek langsung yang terjadi saat seseorang berpuasa adalah punya aroma mulut yang tidak sedap alias bau mulut. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Orang yang berpuasa biasanya mengalami masalah aroma mulut yang tidak sedap atau bau mulut . Namun, kondisi tersebut sebenarnya bisa dicegah dengan tanpa membatalkan puasa.

Praktisi Kesehatan Universitas Indonesia Dokter, Ari Fahrial Syam mengungkapkan, bau mulut bisa diminimalkan selama berpuasa. Upaya yang bisa dilakukan adalah memastikan makanan yang dikonsumsi tidak sembarang hingga menjaga kebersihan mulut dengan baik dan benar.

"Bau mulut bisa diminimalisir dengan memperhatikan kebersihan mulut dan mengonsumsi makanan, minuman, dan buah-buahan yang baik untuk kebersihan mulut," ungkapnya pada MNC Portal, Rabu (6/4/2022).

Baca juga: Bagaimana Hukumnya Melakukan Vaksinasi saat Berpuasa? Ini Jawabannya

Dokter Ari pun membagikan 8 tips mencegah bau mulut saat puasa tanpa membatalkan puasa.

1. Pastikan bersihkan mulut dengan baik dan benar

Disarankan kepada semua orang yang berpuasa untuk memelihara kebersihan mulut dengan menggosok gigi dan lidah setelah sahur dan usai berbuka puasa. "Jangan menunda gosok gigi untuk tidur terlebih dahulu setelah sahur, ya," kata dia.

2. Bersihkan sela gigi dengan dental floss

Gosok gigi dan sikat lidah saja tidak cukup. Dokter Ari menyarankan juga untuk menggunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi. Ini diperlukan untuk memaksimalkan pembersihan gigi.

3. Pastikan konsumsi air putih tercukupi

"Jangan lupa untuk minum air putih sebanyak 8-10 gelas selama kita berbuka dan saat sahur," ujarnya.

4. Jangan lupa makan buah dan sayur saat sahur dan buka puasa

Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan selama berbuka dan sahur menjadi penting. Pasalnya, buah-buahan tertentu seperti semangka dan bengkuang merupakan buah yang baik dikonsumsi karena banyak mengandung air.

5. Hindari merokok

Bulan Ramadan jadikan juga sebagai bulan untuk menjauhkan diri dari rokok. Merokok, kata dr Ari, tak hanya berbahaya untuk kesehatan tetapi akan memperburuk kebersihan mulut. "Lagipula, rokok sendiri menimbulkan aroma yang tidak sedap," tandasnya.

6. Segera cek kesehatan gigi jika ada masalah

Jika kebetulan ada masalah dengan gigi selama berpuasa, dr Ari menyarankan untuk segera kontrol ke dokter gigi agar perawatan gigi dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya.

7. Hindari mengonsumsi makanan beraroma tajam saat sahur dan buka puasa

"Hindari makanan yang beraroma tajam saat sahur dan buka puasa, antara lain bawang, petai, jengkol, serta durian," sarannya.

8. Hindari makanan yang lengket di gigi

Saat sahur dan buka, disarankan juga bagi Anda untuk menghindari makanan yang mudah lengket pada gigi seperti cokelat, es krim, biskuit, dan kue basah lainya.

Baca juga: Omicron XE Belum Selesai, Muncul Varian XJ di Thailand

"Jika memang tetap ingin mengonsumsi makanan tersebut, segera berkumur atau dibersihkan agar makanan itu tidak menempel pada gigi dalam waktu yang lama," ucap dr. Ari.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2800 seconds (0.1#10.140)