Kenali Tanda-Tanda Dengue Shock Syndrome dan Cara Pencegahannya Sejak Dini

Senin, 11 April 2022 - 20:30 WIB
loading...
Kenali Tanda-Tanda Dengue Shock Syndrome dan Cara Pencegahannya Sejak Dini
Foto: By Freepik
A A A
Memasuki musim penghujan membuat semua orang khawatir. Karena di musim ini, populasi nyamuk Aedes aegypti yang merupakan penyebab demam berdarah mulai meningkat dan berkembangbiak. Parahnya, jika populasi terus meningkat akan berakibat fatal dengan munculnya komplikasi dengue shock syndrome.

Dengue shock syndrome atau dengue haemorrhagic fever merupakan komplikasi yang terjadi jika seseorang terkena demam berdarah yang sudah parah. Pada umumnya jika kasus demam berdarah masih ringan, hanya menimbulkan gejala demam disertai flu. Namun jika seseorang mengalami dengue shock syndrome, efeknya akan lebih serius bahkan dapat berujung pada penurunan tekanan darah yang secara tiba-tiba yang bisa menyebabkan kematian.

Tak hanya itu saja, Virus dengue juga dapat berkembang biak di dalam kelenjar air liur nyamuk selama beberapa hari sebelum kemudian ditularkan kepada manusia melalui gigitan.

Gejala dan Komplikasi Dengue Shock Syndrome
Pada umumnya, demam berdarah menyerang anak-anak berusia kurang dari 15 tahun, akan tetapi juga bisa terjadi pada orang dewasa. Nah, maka dari itu, ada baiknya selain kita waspada juga penting untuk mengetahui gejala awal dan komplikasi dari dengue shock syndrome ini.

Fase awal seseorang terkena dengue shock syndrome sebetulnya sama dengan demam berdarah yakni, mengalami demam yang tinggi selama tiga hari setelah digigit nyamuk. Kemudian demam turun dan saat itu pula pasien akan mengalami tanda-tanda yang mulai serius seperti,

· Muntah terus menerus,
· Perubahan suhu yang sangat drastis (dari demam ke hipotermia)
· sakit perut yang parah
· Nyeri Kepala
· Nyeri otot dan sendi
· Gusi atau hidung mengalami pendarahan
· Denyut nadi melambat
· Kelelahan yang hebat
· Kebingungan

Kewaspadaan ekstra perlu Anda perhatikan saat mengalami gejala-gejala diatas. Sebab, pada kasus dengue shock syndrome, penderita bisa mengalami penurunan tromobosit secara drastis atau jika kondisi semakin berbahaya bisa langsung kepada komplikasi perdarahan dan syok (dengue shock syndrome).

Cara Mencegah dengue shock syndrome
Tidak mudah memang untuk memprediksi seseorang terkena demam berdarah atau sampai kepada kondisi dengue shock syndrome. Namun, sebelum hal itu terjadi, ada baiknya Anda mencegahnya sejak dini dengan melakukan langkah-langkah terbaik berikut ini.

1. Mengenakan pakaian tertutup saat berada di rumah atau saat tidur
2. Menggunakan kelambu saat tidur
3. Menanam tanaman pengusir nyamuk
4. Memberantas jentik nyamuk dengan menaburkan bubuk larvasida yang ada di kolam, bak mandi atau tempat- tempat yang memungkinkan air menggenang.
5. Memasang kawat kasa pada lubang vantilasi
6. Menggunakan lotion anti nyamuk

Nah, bicara soal lotion anti nyamuk, Enesis Group memiliki produk pendukung yang bisa Anda gunakan sebagai penangkal gigitan nyamuk Aedes aegypti yang merupakan penyabab utama deman berdarah. Adalah Soffell Alamia sebagai rangkaian penolak nyamuk Soffell merupakan lotion yang terbuat dari bahan alami dengan ekstrak daun yang nyaman di kulit dan tidak lengket.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2666 seconds (0.1#10.140)