5 Negara Ramah Wisatawan Muslim, Cocok Dikunjungi saat Puasa

Jum'at, 15 April 2022 - 06:58 WIB
loading...
5 Negara Ramah Wisatawan Muslim, Cocok Dikunjungi saat Puasa
Beberapa negara ramah bagi wisatawan Muslim. Negara ini juga merayakan bulan Ramadhan sehingga sangat pas dikunjungi saat puasa lantaran ada banyak tradisi. Foto/Nala Rinaldo Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa negara ramah bagi wisatawan Muslim . Negara-negara ini juga merayakan bulan Ramadhan sehingga sangat pas dikunjungi saat puasa lantaran ada banyak tradisi bulan suci yang meriah.

Selain itu, tradisi tersebut juga berbeda dari Indonesia yang tidak hanya bisa Anda nikmati tapi juga memaknai artinya. Di negara ini, Anda bisa mengunjungi wisata religi dan mengenal kota-kota bersejarah dalam Islam.

Kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menyusuri pasar Ramadhan, mencicipi kuliner khas buka puasa negara lain, hingga menjelajahi masjid-masjid bersejarah. Tertarik untuk mengunjunginya?

Berikut lima negara ramah wisatawan Muslim dirangkum dari Pegipegi, Jumat (15/4/2022).


1. United Emirates Arab

5 Negara Ramah Wisatawan Muslim, Cocok Dikunjungi saat Puasa


Negara ramah wisatawan Muslim pertama adalah United Emirates Arab (UEA). Mayoritas penduduknya Muslim, pada siang hari toko-toko di negara ini umumnya akan tutup. Sebaliknya, menjelang buka puasa, toko mulai buka dan ramai pembeli.

Menariknya, waktu buka puasa diumumkan secara nasional dengan menembakkan meriam yang dilakukan oleh polisi lokal. Tahun ini, ada lima lokasi tetap untuk menembakkan meriam seperti di Atlantis the Palm, Burj Khalifa, Al Seef, Al Waheda – Century Mall Dubai, dan Hatta yang berada di depan Emirates Co-operative Society.

Anda bisa berkunjung ke Ramadhan Majlis atau tenda khas Arab khusus untuk berbuka puasa, yang mana menyuguhkan takjil khas Timur Tengah.

2. Turki

5 Negara Ramah Wisatawan Muslim, Cocok Dikunjungi saat Puasa


Negara ramah wisatawan Muslim lainnya adalah Turki. Ada banyak festival dan bazar Ramadhan hingga hiburan meriah selama puasa. Di mana restoran di Turki berlomba-lomba menghidangkan menu unggulan khusus buka puasa. Tradisi buka puasa di Turki dibuka dengan gullac atau makanan manis.

Sedangkan untuk makanan penutup, ada puding dari air mawar dan biji delima. Itu merupakan makanan tradisional Turki yang hanya bisa ditemukan saat Ramadhan. Saat liburan ke Turki, pastikan berkunjung ke Blue Mosque, Goreme, Kota Tua Konya, dan Museum Mevlana.


3. Indonesia

5 Negara Ramah Wisatawan Muslim, Cocok Dikunjungi saat Puasa


Indonesia juga termasuk dalam daftar negara yang ramah dikunjungi wisatawan Muslim, termasuk saat puasa. Selain karena negara dengan penduduk Muslim terbesar, durasi puasa di Indonesia juga relatif lebih singkat dibanding negara di Timur Tengah atau Eropa. Indonesia juga memiliki berbagai cara unik menyambut Ramadhan.

Tradisi ngabuburit sambil berburu takjil menjelang buka puasa juga menjadi keunikan Indonesia. Anda bisa berkunjung ke Pasar Bendungan Hilir yang terletak di Jakarta Pusat yang menawarkan pilihan makanan ringan, minuman manis, kue tradisional, hingga makanan berat.

4. Malaysia

5 Negara Ramah Wisatawan Muslim, Cocok Dikunjungi saat Puasa


Seperti di Indonesia, saat puasa, banyak penjual makanan menawarkan takjil atau Pasar Ramadan. Di sekitar Jalan Tuanku Abdul Rahman, Kuala Lumpur, akan dipadati oleh penjual makanan yang menawarkan aneka hidangan buka puasa seperti bubur lambuk yang wajib dicoba.

Ini merupakan bubur yang berisi daging cincang, udang kering dengan bumbu bunga cengkeh, bunga lawang, jinten, dan kulit kayu manis. Selain itu, di Malaysia terdapat tradisi sahur unik, yaitu makan sahur bersama di tepi pantai.


5. Singapura

5 Negara Ramah Wisatawan Muslim, Cocok Dikunjungi saat Puasa


Negara terakhir yang ramah wisatawan Muslim adalah Singapura. Sama seperti di Indonesia, Singapura juga menggelar bazar Ramadhan dengan banyak pedagang yang menawarkan makanan, pakaian, furniture rumah, pernak-pernik khas Ramadhan, hingga karpet rajut. Anda bisa mengunjungi salah satu pasar Ramadhan paling ikonik yaitu Geylang Serai Ramadan Bazaar.

Pasar ini dibuka mulai 2 April hingga 2 Mei 2022 dan beroperasi mulai pukul 13.00 hingga 23.00 waktu setempat. Selain itu, ada juga Kampong Glam dan Arab Street yang selalu ramai dikunjungi wisatawan Muslim.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5015 seconds (0.1#10.140)