6 Tempat di Dunia Dilarang Dilintasi Pesawat, Nomor 3 Kota Suci

Senin, 18 April 2022 - 07:01 WIB
loading...
6 Tempat di Dunia Dilarang Dilintasi Pesawat, Nomor 3 Kota Suci
Beberapa tempat di dunia dilarang dilintasi pesawat. Zona larangan terbang ini dibuat karena beberapa alasan. Salah satu alasan untuk melindungi warga sipil. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa tempat di dunia dilarang dilintasi pesawat . Zona larangan terbang ini dibuat karena beberapa alasan. Salah satu alasan dibentuknya zona-zona tersebut adalah untuk melindungi warga sipil yang mungkin akan terjebak dalam perang tanpa cara untuk membela diri.

Alasan lain penetapan zona larangan terbang adalah demi keamanan nasional untuk menjaga wilayah-wilayah penting di suatu negara. Zona larangan terbang juga dapat diterapkan di beberapa tempat selama periode tertentu untuk melindungi peristiwa yang terjadi di area tersebut.

Beberapa daerah juga menjadi zona larangan terbang karena topografi alami daratan yang menghalangi untuk terbang. Selain itu, zona larangan terbang adalah konsep yang relatif modern karena ditetapkan secara memadai setelah Perang Teluk Persia berakhir.

Berikut daftar tempat di dunia dilarang dilintasi pesawat seperti dilansir dari Times of India, Senin (18/4/2022).


1. Taman Hiburan Disney

6 Tempat di Dunia Dilarang Dilintasi Pesawat, Nomor 3 Kota Suci


Berdasarkan laporan setelah serangan teroris di Amerika Serikat pada 11 September 2001, beberapa tempat wisata, termasuk Taman Hiburan Disney, meningkatkan keamanannya untuk memastikan keselamatan para pengunjung.

Dilaporkan, tidak ada pesawat yang diizinkan terbang dalam jarak 3000 kaki dari Disneyland di California atau Walt Disney World di Florida. Meskipun awalnya merupakan larangan sementara, aturan tersebut menjadi permanen pada 2003.

2. Tibet

6 Tempat di Dunia Dilarang Dilintasi Pesawat, Nomor 3 Kota Suci


Tibet dianggap sebagai salah satu daerah yang paling tinggi di dunia, dengan ketinggian rata-rata di wilayah tersebut mencapai sekitar 16.000 kaki. Dengan demikian, itu juga salah satu tempat di dunia dengan zona larangan terbang alami, karena berbagai faktor seperti pegunungan tinggi yang terletak di dalam perbatasannya.

Meskipun sebagian besar pesawat komersial mampu terbang di ketinggian di atas pegunungan, rute penerbangan biasanya menghindari pegunungan tinggi di area tersebut demi keselamatan penumpang. Selain itu, pegunungan yang tinggi juga membuat pilot sangat sulit menghadapi turbulensi.

3. Mekkah

6 Tempat di Dunia Dilarang Dilintasi Pesawat, Nomor 3 Kota Suci


Mekkah merupakan situs keagamaan dan sejarah yang sangat signifikan. Karena itu, tidak ada pesawat penumpang yang diizinkan terbang di atas Mekkah, terutama Kabah yang suci.

Di sisi lain, Mekkah merupakan tujuan akhir ziarah haji dan pusat agama Islam. Jika terjadi penumpang atau pilot terbang di atas tempat ini, mereka dapat menghadapi sanksi dan denda.


4. Machu Picchu

6 Tempat di Dunia Dilarang Dilintasi Pesawat, Nomor 3 Kota Suci


Signifikansi sejarah dan budaya tempat ini tidak dapat diabaikan, serta jumlah satwa liar langka dan kehidupan tanaman yang hanya tumbuh di sini. Berdasarkan laporan, pesawat saat ini dilarang terbang di atas wilayah tersebut, yang merupakan langkah yang diambil untuk menjaga area ini bersih dari polusi sebanyak mungkin.

Berdasarkan studi, jika sebuah pesawat memerlukan pendaratan darurat atau kecelakaan di sini, itu akan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada ekosistemnya. Peraturan larangan terbang ini diberlakukan oleh pemerintah Peru pada 2006.

5. Taj Mahal

6 Tempat di Dunia Dilarang Dilintasi Pesawat, Nomor 3 Kota Suci


Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu arsitektur paling ikonik dan terindah di dunia. Dibangun dari 1632 hingga 1653, UNESCO mengakui pentingnya bangunan tersebut dan menetapkannya sebagai Situs Warisan Dunia pada 1983.

Berdasarkan laporan, pemerintah India menetapkan zona larangan terbang di wilayah tersebut pada 2006. Alasannya untuk melindungi bangunan tersebut dan jumlah wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

6. Istana Buckingham

6 Tempat di Dunia Dilarang Dilintasi Pesawat, Nomor 3 Kota Suci


Ini adalah salah satu area terpenting di Inggris Raya, dan berfungsi sebagai kediaman raja ketika mereka berada di London. Istana Buckingham juga berfungsi sebagai markas administrasi mereka, dan karena pentingnya istana ini, zona larangan terbang dilembagakan untuk memastikan keamanan raja.

Selain itu, pesawat juga tidak diizinkan terbang di atas Kastil Windsor untuk memastikan keselamatan keluarga kerajaan. Beberapa tempat penting lainnya yang memiliki zona larangan terbang di Inggris adalah Downing Street Nomor 10, Gedung Parlemen, dan juga kediaman resmi Perdana Menteri Inggris.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2287 seconds (0.1#10.140)