Kemenkes Ingatkan Ngantuk saat Mudik Istirahat, Bukan Minum Kopi

Jum'at, 22 April 2022 - 10:07 WIB
loading...
Kemenkes Ingatkan Ngantuk saat Mudik Istirahat, Bukan Minum Kopi
Kemenkes mengimbau masyarakat yang mudik ke kampung halaman dalam keadaan sehat dan prima. Jika mengantuk, disarankan untuk istirahat alih-alih minum kopi. Foto/Heru Haryono
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau masyarakat yang mudik ke kampung halaman tahun ini dalam keadaan sehat dan prima. Jika mengantuk , disarankan untuk istirahat alih-alih minum kopi .

Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa hal ini menjadi penting karena dengan melonjaknya kendaraan saat mudik, kondisi tubuh yang lelah berisiko tinggi kecelakaan.

"Makanya, kami meminta kepada pemudik khususnya pengemudi kendaraan yang lelah atau ngantuk untuk beristirahat, bukannya minum kopi. Istirahat solusi utamanya, bukan minum kopi," kata Siti Nadia baru-baru ini.

"Begitu juga kalau pemudik capek, solusinya istirahat bukannya minum minuman peningkat stamina," tambahnya.




Kondisi tubuh yang dipaksakan untuk tetap aktif, dijelaskan Siti Nadia amat berbahaya. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas sehingga penting untuk menjadi perhatian masyarakat.

"Ini harus jadi perhatian kita bersama, khususnya masyarakat yang mudik. Kami ingatkan juga untuk booster dulu sebelum berangkat mudik, ya," jelas Siti Nadia.

Selain itu, Kemenkes mensyaratkan vaksin booster menjadi penting agar pemudik minim risiko terpapar atau membawa virus corona baru penyebab Covid-19 ke kampung halamannya.

Ini menyusul survei Kemenkes bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI). Di mana ditemukan bahwa 99,2 persen masyarakat Jawa-Bali yang merupakan asal dan tujuan mudik sudah memiliki antibodi Covid-19.


"Perjalanan mudik itu melelahkan dan menghabiskan banyak waktu di jalan, jadi kondisi tubuh yang fit adalah kunci mudik aman dan sehat," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)