Platform Webtoon Berstandar Internasional ‘Kakao Webtoon’ Diluncurkan di Indonesia

Jum'at, 22 April 2022 - 10:30 WIB
loading...
Platform Webtoon Berstandar Internasional ‘Kakao Webtoon’ Diluncurkan di Indonesia
Agensi hiburan bertaraf internasional Kakao Entertainment (Kakao Ent.) rencananya akan meluncurkan aplikasi ‘Kakao Webtoon’ pada tanggal 27 April 2022 setelah sukses dengan platform webtoon ‘Kakaopage’. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Agensi hiburan bertaraf internasional Kakao Entertainment (Kakao Ent.) rencananya akan meluncurkan aplikasi ‘Kakao Webtoon’ pada tanggal 27 April 2022 setelah sukses dengan platform webtoon ‘Kakaopage’. Kakao Webtoon merupakan platform berstandar internasional yang menyajikan webtoon IP (Intellectual Property) premium dari Kakao Ent.

Melalui peluncuran ‘Kakao Webtoon’ kali ini, Kakao Ent. ingin menyediakan pengalaman yang sepenuhnya baru bagi para pembaca Indonesia. Pertama-tama, Kakao Webtoon akan menunjukkan penyampaian baru berupa ‘IPX’ (IP Experience). Para karakter dari setiap webtoon akan ditampilkan melalui gambar 3 dimensi yang bergerak, tidak hanya melalui jajaran thumbnail sederhana. Dengan begitu, para pembaca akan merasakan pengalaman baru dimanjakan dengan para karakter yang bergerak dinamis, serta keseruan latar dari masing-masing konten sejak membuka platform hingga menutup aplikasi.

Selain itu, para pembaca bisa menemukan berbagai karya dengan Universe Circle yang berfungsi sebagai fitur pencarian begitu banyak konten di Kakao Webtoon. Para pembaca sekarang tidak perlu bingung memilih karya selanjutnya yang akan dibaca karena AI pribadi akan merekomendasikan karya yang sesuai dengan selera masing-masing pembaca melalui sistem rekomendasi. Tidak hanya itu, pembaca juga bisa mendapatkan tiket gratis setiap periode tertentu dan hadiah dari berbagai event untuk bisa membaca episode secara gratis.

Kakao Webtoon yang lebih dulu diluncurkan di Thailand, Taiwan, dan Korea mendapat reaksi positif sebagai aplikasi yang menerapkan standar baru sebagai layanan penyedia konten hiburan. Kakao Webtoon yang lebih dulu diluncurkan di Thailand pada bulan Juni tahun lalu berhasil menempati peringkat 1 sebagai platform webtoon dengan penghasilan tertinggi di antara aplikasi penyedia konten hiburan hanya dalam 3 bulan setelah peluncuran.



Bahkan di minggu pertama peluncuran Kakao Webtoon Taiwan yang juga diluncurkan pada bulan yang sama, Kakao Webtoon berhasil menempati peringkat 1 kategori ‘komik’ di Google Play dan peringkat 6 setelah Netflix pada kategori ‘hiburan’ di App Store. Selain itu, peluncuran Kakao Webtoon di Korea yang merupakan pusat webtoon pun berhasil meningkatkan penjualan sebanyak 5 kali lipat hanya dalam 100 hari.

Kakao Webtoon Indonesia akan menghadirkan webtoon IP terkenal seperti ‘The Office Blind Date’ yang belakangan ini versi dramanya populer di Indonesia dengan judul ‘Business Proposal’, konten-konten lain yang telah lebih dulu populer di Kakaopage Indonesia seperti ‘Solo Leveling’ dan ‘Tomb Raider King’, serta webtoon IP populer baru dari berbagai genre seperti ‘Today the Villainess Has Fun Again’, ‘Dr. Brain’, dan lain-lain. Setelah peluncuran, rencananya judul baru yang lebih dulu populer di Korea akan dirilis setiap hari selama bulan Mei untuk menandai dimulainya servis Kakao Webtoon secara aktif di Indonesia dan akan disusul oleh 200 judul lain dalam tahun ini.

Kakao Webtoon yang akan segera hadir di Indonesia membuka kesempatan kepada para pembaca untuk lebih dulu bergabung melalui platform Kakaopage Indonesia (kakaopage.co.id) pada 11-24 April 2022. Para pembaca yang bergabung dalam event pada periode tersebut akan mendapat 1.000 Cash secara gratis saat launching Kakao Webtoon. Hadiah menarik lain juga akan dibagikan kepada pendaftar baru.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4328 seconds (0.1#10.140)