Benarkah Masker Kotoran Burung Efektif Atasi Jerawat? Begini Penjelasan Medis

Rabu, 27 April 2022 - 16:48 WIB
loading...
Benarkah Masker Kotoran Burung Efektif Atasi Jerawat? Begini Penjelasan Medis
Kotoran burung untuk mengobati jerawat diperkenalkan oleh seorang penulis bernama Bryanne Salazar. Ia mengaku membeli sebuah masker wajah kotoran burung bulbul. Foto/21Ninety
A A A
JAKARTA - Kotoran burung untuk mengobati jerawat diperkenalkan oleh seorang penulis bernama Bryanne Salazar. Ia mengaku membeli sebuah masker wajah bernama uguisu no fun atau bila diterjemahkan menjadi kotoran burung bulbul.

Menurut wanita tersebut, selama lebih dari 1000 tahun para geisha Jepang telah menggunakan kotoran burung bulbul untuk mencerahkan dan membersihkan kulit wajahnya.

Menjawab pertanyaan, dr. Theresia Rina Yunita mengatakan bahwa bird poop atau kotoran burung mengandung enzim yang disebut guanin.

“Asam amino yang ada di dalamnya (kotoran burung) juga diduga dapat bekerja sebagai agen pemutih alami, mencerahkan lingkaran hitam, dan noda,” jelas dr. Theresia.

Akan tetapi, dr. Theresia menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada penelitian medis yang menyatakan efektivitas masker kotoran burung untuk mengatasi jerawat.


“Perlu adanya penelitian medis lebih lanjut untuk memastikan manfaat terapi tersebut untuk kesehatan kulit,” ucap dr. Theresia.

Karena keamanan dan efektivitasnya belum jelas, Anda sebaiknya berhati-hati apabila hendak mencoba masker ini. Pasalnya, bisa saja, kulit Anda tidak cocok dengan kandungan di dalamnya, sehingga bikin jerawat tambah gawat.

Daripada menggunakan bahan-bahan belum jelas efektivitas dan kredibilitasnya, akan lebih baik jika mengandalkan obat jerawat dari dokter.

Pasalnya, sebelum memberikan obat, dokter pasti akan mempertimbangkan seberapa parah jerawat yang Anda alami. Selain itu, dokter juga akan mempertimbangkan zat-zat apa saja yang sekiranya diperlukan untuk mengatasi keluhan.

Dengan sederet pertimbangan tersebut, obat jerawat yang diberikan dokter cenderung lebih aman dan efektif untuk mengatasi keluhan yang Anda alami.
Hal penting lain yang mesti diperhatikan, yaitu mengubah gaya hidup dan pola makan agar lebih sehat lagi.


Pada dasarnya, jerawat dan masalah kulit lain tak cukup diatasi hanya dengan pengobatan dari luar.
Untuk mengobati dari dalam, Anda perlu menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat. Caranya adalah dengan cukup istirahat, mengelola stres dengan baik, rutin berolahraga, dan menghindari rokok maupun alkohol.

Anda pun perlu mengonsumsi asupan sehat dan bergizi seimbang setiap hari. Batasi atau hindari menu yang tinggi minyak, lemak, dan gula. Ganti camilan Anda menjadi buah-buahan segar kaya vitamin yang mampu menutrisi kulit, seperti jeruk, alpukat, dan sejenisnya.

Butuh bantuan atau ingin tahu lebih lanjut cara mengatasi jerawat dengan efektif? Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter .
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2379 seconds (0.1#10.140)