Malam Songo, 523 Calon Pengantin di Bojonegoro Menikah Serentak

Jum'at, 29 April 2022 - 21:48 WIB
loading...
Malam Songo, 523 Calon Pengantin di Bojonegoro Menikah Serentak
Sebanyak 523 calon pengantin di Bojonegoro, Jawa Timur akan menikah serentak saat malam songo. Tradisi ini masih terus dilestarikan oleh warga setempat. Foto Ilustrasi/Avirista Midaada
A A A
BOJONEGORO - Sebanyak 523 calon pengantin di Bojonegoro , Jawa Timur akan menikah serentak saat malam songo atau malam 29 Ramadhan. Tradisi ini masih terus dilestarikan oleh warga setempat.

Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro Muh. Abdulloh Hafith mengatakan, tradisi malam 29 di bulan Ramadhan masih dipercaya masyarakat Bojonegoro sebagai hari baik.

"Jumlahnya ada 523 pasangan catin yang akan nikah di malem songo," kata Abdulloh saat dikonfirmasi pada Jumat (29/4/2022).

Mayoritas calon pengantin disebut Hafith berasal dari daerah timur Kabupaten Bojonegoro, seperti Kecamatan Baureno dan Kecamatan Kedungadem. "Paling banyak Kecamatan Baureno, ada 49 pasangan. Kemudian Kecamatan Kedungadem 47 pasangan," jelas Abdulloh.


Kecamatan Kepohbaru dan Kecamatan Sumberrejo menyusul dengan 36 pasangan calon pengantin. Kemudian di posisi kelima ada kecamatan Dander dan Kecamatan Kanor dengan 35 pasangan calon pengantin.

"Kecamatan Kalitidu dan Sugihwaras menjadi berikutnya yang terbanyak dengan 28 calon pengantin, Kecamatan Bojonegoro kota dengan 23 calon pengantin, Kecamatan Tambakrejo dan Ngasem, dengan 22 calon pengantin," ujar Abdulloh.

Berikutnya ada Kecamatan Sukosewu dengan 21 pasangan calon pengantin, Kecamatan Kapas dan Balen dengan 20 pasangan calon pengantin. Sisanya 16 pasangan di Kecamatan Ngraho, 12 calon pengantin di Kecamatan Padangan, 11 pasangan calon pengantin di Kecamatan Malo dan Temayang, serta 9 pasangan di Kecamatan Gayam dan Kasiman.

Selanjutnya, 7 pasangan di Kecamatan Ngasem dan Ngambon, Kecamatan Purwosari dan Trucuk dengan 6 calon pengantin, 5 pasangan calon pengantin di Kecamatan Bubulan, 3 pasangan calon pengantin di Kecamatan Margomulyo, dan 2 pasangan calon pengantin di Kecamatan Gondang dan Sekar.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)