Cegah Hepatitis Misterius, Ahli Sarankan Ini Bagi Orangtua yang Punya Anak Usia di Bawah 6 Tahun

Selasa, 03 Mei 2022 - 11:42 WIB
loading...
Cegah Hepatitis Misterius, Ahli Sarankan Ini Bagi Orangtua yang Punya Anak Usia di Bawah 6 Tahun
Ahli Epidemiologi Griffith University Australia, Dicky Budiman, menyarankan orangtua yang punya anak usia di bawah 6 tahun untuk segera dibooster vaksin Covid-19. Foto/Ilustrasi/cbcnews
A A A
JAKARTA - Ahli Epidemiologi Griffith University Australia, Dicky Budiman, menduga ada varian baru Covid-19 yang belum terdeteksi yang menjadi penyebab hepatitis misterius. Karena dugaan tersebut, Dicky menyarankan orangtua yang punya anak usia di bawah 6 tahun untuk segera dibooster vaksin Covid-19.

"Masyarakat, khususnya orangtua yang punya anak usia di bawah 6 tahun, disarankan untuk segera menerima booster vaksin Covid-19. Ini karena orang dewasa yang dibooster jadi barrier efektif untuk anaknya dari serangan varian baru yang diduga sebabkan hepatitis misterius," kata Dicky Budiman pada MNC Portal, Selasa (3/5/2022).

Selain melengkapi vaksin booster, orangtua atau orang dewasa yang tinggal serumah dengan anak usia di bawah 6 tahun disarankan Dicky untuk memperkuat protokol kesehatan. Terlebih saat musim mudik ini, perlu dipastikan anak-anak mudik dengan orangtua yang sudah dibooster.

"Anak-anak jauh lebih aman kalau mereka berada di lingkungan yang mana orang-orangnya sudah divaksin 2 dosis atau lebih baik sudah dibooster," ungkap Dicky.



Sejatinya, kata Dicky, hepatitis itu ada surveilans-nya. Karena itu, dia pun meminta kepada pemerintah untuk memperkuat surveilans hepatitis di masyarakat. Terlebih, hepatitis menjadi bagian dari Long Covid-19 yang banyak dilaporkan.

"Pemantauan harus ditingkatkan, sehingga respons pencegahan dan penanganan masalah hepatitis misterius yang kemungkinan besar sudah ada di Indonesia bisa dilakukan cepat dan tepat," papar Dicky.

Hepatitis misterius diduga jadi penyebab meninggalnya 3 anak di Jakarta. Data tersebut dilaporkan Kementerian Kesehatan pada 1 Mei 2022. Hingga saat ini Kemenkes pun belum bisa memastikan penyebab utama hepatitis misterius tersebut.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)