5 Tips Olahraga untuk Pemalas, Mudah Dilakukan di Rumah

Minggu, 08 Mei 2022 - 06:30 WIB
loading...
5 Tips Olahraga untuk Pemalas, Mudah Dilakukan di Rumah
Ada sejumlah tips olahraga untuk pemalas. Pasalnya, mereka yang malas, olahraga merupakan hal yang berat untuk dilakukan. Bahkan, tidak dilakukan sama sekali. Foto/9Coach Nine
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah tips olahraga untuk pemalas. Pasalnya, bagi mereka yang malas, olahraga merupakan hal yang berat untuk dilakukan. Bahkan, tidak dilakukan sama sekali.

Padahal, olahrga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh hingga mental seseorang. Namun masih banyak orang yang malas dan lebih memilih melakukan kegiatan lainnya.

Karena itu, untuk menumbuhkan minat olahraga seseorang dibutuhkan dukungan dan motivasi. Berikut tips olahraga untuk pemalas yang mudah dilakukan di rumah seperti dilansir dari berbagai sumber, Minggu (8/5/2022).


1. Obah Pola Pikir

Tidak apa-apa untuk menjadi malas. Beristirahatlah dan bersantailah jika perlu. Hindari olahraga yang berlebihan. Mendorong terlalu keras akan membuat Anda stres. Fokus pada kemajuan bukan hasil.

Pikirkan kembali tujuan dan sesuaikan harapan Anda. Jika Anda memvisualisasikan kesuksesan, Anda akan berhenti membuat alasan untuk tidak berolahraga.

2. Apresiasi Diri Sendiri

Guna meningkatkan rasa semangat dalam olahraga, setiap orang membutuhkan sebuah apresiasi atau hadiah. Ini merupakan wujud motivasi dalam mencapai target atau berhasil menurunkan berat badan dengan membuat hati senang.

Adapun apresiasi yang bisa Anda lakukan seperti membeli perlengkapan olahraga baru, liburan akhir pekan, malam bersantai dengan acara TV favorit Anda, buku atau lagu baru yang Anda idam-idamkan, daftar putar baru atau sepasang headphone, permainan komputer baru yang hanya bisa Anda mainkan setelah olahraga.


3. Buat Catatan Capaian atau Evaluasi

Dalam menjalani olahraga terkadang hasilnya bisa sesuai dengan harapan atau bahkan tidak. Untuk menjaga tetap olahraga, perlu membuat catatan pencapaian atau evaluasi dalam setiap latihannya.

Cara ini juga bisa membantu untuk mengetahui cara lain bahwa Anda maju dalam olahraga. Seperti pakaian lebih longgar, tidak terlalu lelah selama sesi olahraga atau saat berjalan menaiki tangga. Bagan kemajuan atau jurnal adalah cara yang bagus untuk melacak kinerja anda.

4. Buat Sesuatu yang Baru

Ketika Anda melakukan olahraga yang sama berulang-ulang, wajar jika merasa bosan. Dapatkan inspirasi untuk berolahraga dengan mengubah rutinitas dan mencoba berbagai latihan. Ada banyak alternatif yang menyenangkan.

Campurkan jadwal olahraga Anda untuk memicu minat. Alih-alih berlari di treadmill seperti biasa, cobalah bergabung dengan kelas yoga atau sesi sepak bola. Keluar dari zona nyaman, pilih olahraga yang Anda sukai, dan kemungkinan besar Anda akan tetap melakukannya.


5. Temukan yang Disuka

Bukan hanya soal makanan, olahraga juga membutuhkan motivasi. Anda bisa melakukannya dengan menemukan yang disukai. Seperti hanya memilih jenis olahraga, hingga pakaian olahraga yang akan digunakan untuk meningkatkan semangat olahraga.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2160 seconds (0.1#10.140)