8 Penyakit Ini Berisiko Muncul di Cuaca Panas Terik, Waspada!

Senin, 09 Mei 2022 - 12:14 WIB
loading...
8 Penyakit Ini Berisiko Muncul di Cuaca Panas Terik, Waspada!
Cuaca panas terik sedang terjadi di banyak wilayah di Indonesia. Suhu panas terik ini berkaitan dengan risiko beberapa masalah kesehatan. Foto Ilustrasi/Unsplash
A A A
JAKARTA - Cuaca panas terik sedang terjadi di banyak wilayah di Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat suhu maksimal adalah 36,1 derajat celcius, terjadi di Tangerang-Banten dan Kalimarau-Kalimantan Utara.

Suhu panas terik ini berkaitan dengan risiko beberapa masalah kesehatan . Ya, karena suhu panas terik, berbagai penyakit bisa terjadi mulai dari tekanan darah tinggi hingga serangan jantung.

Laman Weather mencatat ada penyakit yang terkait dengan suhu panas terik. Dilansir pada Senin (9/5/2022), berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Waspadai! 4 Penyakit yang Rawan Terjadi saat Cuaca Ekstrem

1. Tekanan Darah Tinggi

"Ketika tekanan atmosfer menurun, tekanan darah Anda pun ikut turun," kata ahli biometeorologi Jennifer Vanos, Ph.D.

Artinya, ketika suhu udara meningkat, maka tekanan darah pun kemungkinan akan meningkat juga.

2. Asma dan Alergi

Cuaca yang panas dapat memperburuk asma dan alergi. Itu kenapa, orang-orang yang punya alergi akan merasa sangat tidak nyaman di situasi seperti sekarang. Jangan pernah lupa bawa obat alerg ketika keluar rumah, ya.

3. Sakit Kepala Hebat

Cuaca panas terik dapat pula meningkatkan risiko sakit kepala hebat. Untuk itu disarankan bagi Anda mengenakan topi jika keluar rumah.

4. Migran

Bukan hanya sakit kepala, migrain pun bisa muncul akibat cuaca yang sangat panas. Cahaya yang menyilaukan akan sangat mengganggu dan bisa membuat seseorang migran.

Baca Juga: Tips Mencegah Penyakit Musiman Setelah Lebaran, Ini Kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam

5. Serangan Jantung


Ya, kondisi mematikan ini bisa terjadi ketika suhu panas terik. Itu karena tekanan darah tinggi memicu risiko serangan jantung.

6. Susah Bernapas

Cuaca panas dan lembab seperti di Indonesia saat ini dapat membuat seseorang susah bernapas, terutama buat mereka dengan kondisi paru-paru yang tidak sehat.

7. Flu

"Perubahan suhu yang ekstrem dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ini memungkinkan virus penyakit masuk ke tubuh dengan mudah dan menginfeksi," kata Vanos.

8. Sinus

Udara yang lembab dengan cuaca panas pun bisa memicu sinus parah.

Jadi, itu dia 8 penyakit yang bisa muncul karena suhu panas terik. Anda diharapkan untuk lebih waspada dan tetap menjaga kesehatan dengan terhidrasi dengan baik, konsumsi makanan sehat dan bersih, serta hindari paparan sinar matahari langsung.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1682 seconds (11.252#12.26)