Biodata dan Agama Pacar Nikita Mirzani, John Hopkins

Rabu, 11 Mei 2022 - 09:21 WIB
loading...
A A A
Debut balap MotoGP Hopkins dijalani pada 2002 di sirkuit Suzuka, GP Jepang bersama tim satelit Yamaha, Red Bull Yamaha WCM. Kala itu, Hopkins dan rekan satu timnya, Garry McCoy masih mengendarai Yamaha YZR 500 2 tak. Padahal tim pabrikan Yamaha dan pabrikan lain sudah mulai mengganti motor dengan mesin 4 tak.

Kemudian pada 2003, Hopkins pindah dan bergabung dengan tim pabrikan Suzuki. Dia menjadi rekan satu tim Kenny Roberts Jr. dan berada di posisi 17 klasemen akhir 2003 dengan 29 poin.

Prestasi terbaik Hopkins tersaji pada MotoGP 2007. Kala itu, Hopkins finis di posisi empat, hanya kalah dari Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Valentino Rossi. Hopkins bahkan mengalahkan rekan kompatriotnya yang berstatus juara MotoGP 2006, Nicky Hayden yang finis di posisi delapan.

Lalu pada 2008, Hopkins menunggangi motor untuk pabrikan Kawasaki bersama rekan timnya Anthony West. Setahun kemudian, dia memutuskan untuk menarik diri dari MotoGP. Pasalnya, pada 2008-2009, Kawasaki mengalami krisis komersial dan menghentikan semua kegiatan balapan. Oleh karenanya, Hopkins tak mendapatkan tunggangan kuda besi dari mana pun pada 2009.

Pindah ke kejuaraan Superbike

Hopkins akhirnya kembali mengawali kariernya dengan mengikuti ajang kejuaraan Superbike. Pada 2011, dia memenangkan balapan kedua British Superbike Championship, dan membuat sejarah sebagai orang Amerika pertama yang memenangkan balapan itu.

John Hopkins mengalami kecelakaan

Sebagai pembalap, perjalanan karier Hopkins tentu saja tak lepas dari sejumlah pengorbanan. Dia kali pertama mengalami kecelakaan parah saat balapan di Superbike pada 2009. Kala itu, dia melaju untuk lap kedua, namun mengalami kecelakaan hingga tak sadarkan diri.

Selang beberapa tahun, Hopkins memutuskan untuk keluar dari MotoGP dan kembali sementara pada 2011 untuk menggantikan Alvaro Bautista di Grand Prix Spanyol. Namun pada 2012, Hopkins kembali mengalami kecelakaan saat uji coba musim pertama yang membuat jari manisnya diamputasi.

Tak berhenti di sana, Hopkins kembali mengalami kecelakaan saat bertanding di Monza hingga harus menjalani operasi penggantian panggul. Puncaknya terjadi pada 2018, di mana Hopkins dikabarkan cedera punggung bagian bawah akibat jatuh di Brand Hatch saat kualifikasi British Superbike Championship (BSB).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2139 seconds (0.1#10.140)