Dibuka Lagi, Taman Impian Jaya Ancol Terapkan Protokol Kesehatan

loading...
Dibuka Lagi, Taman Impian Jaya Ancol Terapkan Protokol Kesehatan
Taman Impian Jaya Ancol kembali menerima kunjungan wisatawan pada 20 Juni 2020, setelah 3 bulan melakukan penutupan sementara. / Foto: SINDOnews/Isra Triansyah
A+ A-
JAKARTA - Terkait adanya kebijakan new normal dari pemerintah membuat kawasan wisata terpadu Taman Impian Jaya Ancol(TIJA), Jakarta kembali beroperasi. TIJA pun kembali menerima kunjungan wisatawan pada 20 Juni 2020, setelah 3 bulan melakukan penutupan sementara guna memutus penyebaran Covid-19.

(Baca juga: Liburan Staycation Tetap Aman saat New Normal)

Kembali beroperasi, Manajemen TIJA menerapkan sejumlah protokol kesehatan dan peraturan yang harus dipenuhi pengunjung. Selain itu, selama masa PSBB transisi, Manajemen TIJA juga melakukan pembatasan jumlah pengunjung secara bertahap sampai dengan 50% dari kapasitas normal kawasan TIJA.

"Kita hanya mengizinkan warga ber-KTP DKI Jakarta yang dapat melakukan pembelian tiket dan reservasi untuk berekreasi ke Ancol. Di luar area tersebut akan dilakukan penyesuaian dikemudian hari melihat situasi dan kondisi pandemi Covid-19," kata Head Corporate Communication TIJA, Rika Lestari melalui keterangan tertulisnya, Minggu (21/6).

Rika mengungkapkan bahwa pihak manajemen juga menerapkan peraturan kepada pengunjung, di antaranya selalu menggunakan masker selama berada di area publik, dilarang membawa anak berusia 0-9 tahun, melakukan budaya etika batuk atau bersin. Selain itu, menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, dan tetap jaga jarak minimal 1 meter, serta beberapa aturan lainnya.

Lebih lanjut, Rika juga mengungkapkan bahwa mengingat aktivitas pantai selama menjaga protokol kesehatan juga bagus untuk kesehatan, maka pengunjung usia 60 tahun ke atas dapat berkunjung untuk berolahraga di area pantai, pasar seni dan di ruang terbuka hijau Allianz Ecopark mulai pukul 06.00-10.00 WIB.

Saat kali pertama dibuka kembali, kata Rika, tercatat terdapat 2.668 pengunjung yang telah melakukan reservasi dan berwisata. Manajemen pun mengapresiasi pengunjung yang telah melakukan pembelian tiket secara daring/online serta mentaati peraturan dan protokol kesehatan selama berwisata di Ancol.

Selama masa transisi ini pun manajemen akan memberlakukan penyesuaian kegiatan operasional. Akan dilakukan pembukaan secara bertahap untuk unit rekreasi. Dan yang telah dibuka pada tahap pertama antara lain kawasan pantai, Allianz Ecopark, pasar seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol. Di samping itu, restoran yang berada di dalam kawasan Ancol dan penginapan Putri Duyung Resort serta Pulau Bidadari juga dibuka.

(Baca juga: Kota Surabaya Bersiap Menerapkan New Normal, Yuk Liburan ala Staycation...)

Sementara itu, terdapat penyesuaian pembukaan pintu gerbang Ancol. Saat hari biasa (weekdays) pengunjung dapat melalui Pintu Gerbang Timur dan busway, sedangkan pada akhir pekan (weekend) dapat melalui Pintu Gerbang Barat, Timur dan Busway.

"Selama masa operasional terbatas, Manajemen Taman Impian Jaya Ancol tidak melayani pembelian tiket di loket Ancol secara tunai, pembelian tiket hanya data dilakukan secara daring/online melalui website resmi Ancol, ancol.com," terang Rika.
(nug)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top