Begini Cara Mendidik Anak Muda dalam Membangun Sikap Menghormati Kearifan Lokal

Kamis, 19 Mei 2022 - 20:38 WIB
loading...
A A A
"Kita mengajarkan ke anak-anak ini lho asal mula mamamu, lahir di sini. Kita juga mulai mengajak anak-anak untuk ke cagar budaya, melakukan perjalanan spiritual juga. Dari situ mereka akan mengerti dan memahami," jelasnya.

2. Pendidikan di Sekolah

Menurut Ike, setiap sekolah atau universitas harus memiliki pendidikan berbasis kebudayaan dan kearifan lokal. Beberapa universitas juga sudah ada pendidikan seperti ini.

"Di sini para mahasiswa diajarkan tentang pendidikan karakter. Pendidikan karakter ini masuk ke sub kearifan lokal. Sejauh ini masih hanya sebatas teori," ucap Ike.

"Saya mau nanti para mahasiswa wajib datang ke daerah mereka untuk meriset apa saja kearifan lokal di daerah setempat. Itu harus ada, dengan begitu mereka tau diri mereka seperti apa dan karakter mereka seperti apa," sambungnya.

3. Peran Pemerintah

Dan yang terakhir tentu saja peran serta pemerintah. Menurut Ike, pemerintah harus mendorong dan memberi perhatian terhadap kebudayaan lokal daerah setempat dan melakukan bekerjasama dengan organisasi atau lembaga yang mempromosikan budaya setempat.

Baca juga: Al Ghazali Unggah Foto Bareng Ghozali Everyday, Begini Respons Maia Estianty

"Sebenarnya saya mengapresiasi untuk motoGP yang kemarin. Ada kearifan lokal yang sangat mendunia, dan karyanya itu didukung juga oleh pemerintah kita Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jadi saya sangat mengapresiasi, dibalik kehebatan itu ternyata ada kearifan lokal yang ada di Lombok," tutup Ike.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5095 seconds (0.1#10.140)