Banyak Berkontribusi, Menparekraf Sandiaga Uno Diapresiasi Masyarakat Desa Wisata Senaru

Kamis, 19 Mei 2022 - 21:35 WIB
loading...
A A A
"Desa Wisata Senaru menyimpan beragam keindahan alam. Ada beberapa air terjun indah yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Sendang Gile," ungkap Munir.

Air Terjun Sendang Gile memiliki ketinggian 31 meter. Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Ada pula air terjun lain, yakni Air Terjun Tiu Kelep dengan ketinggian 42 meter. Lokasi air terjun ini di tengah hamparan pepohonan.

Desa Wisata Senaru tidak hanya menawarkan keindahan alam. Desa ini juga kaya akan seni dan budaya. Ada Tari Cupak Gerantang yang menggambarkan sifat manusia. Tarian dibawakan oleh dua penari. Satu penari melambangkan sifat baik dan satunya jahat. Tarian lainnya adalah Tari Bisok Menik, yakni tari mencuci beras.

Wisatawan juga bisa menyaksikan Kampung Tradisional Senaru yang merupakan salah satu rumah adat paling tua di Lombok. Rumah adat itu terbuat dari atap rumbia, pagar bedek, dan beralas tanah liat.

Baca juga: Lukman Sardi Akan Jadikan Original Series Orkes Semesta sebagai Arsip Terbaik

Selain menyaksikan rumah adat, wisatawan juga bisa lebih dekat dengan keseharian masyarakat Kampung Tradisional Senaru yang masih serba tradisional.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)