Sempat Tertunda 2 Tahun, Teater Monolog Inggit Garnasih Kembali Dipentaskan

Minggu, 22 Mei 2022 - 12:46 WIB
loading...
Sempat Tertunda 2 Tahun, Teater Monolog Inggit Garnasih Kembali Dipentaskan
Teater musikal monolog Inggit Garnasih akhirnya dipentaskan usai tertunda selama dua tahun lantaran pandemi Covid-19. Foto/Ravie Wardani/MPI
A A A
JAKARTA - Teater musikal monolog Inggit Garnasih akhirnya dipentaskan usai tertunda selama dua tahun lantaran pandemi Covid-19. Pertunjukan dibuka untuk umum pada 20-21 Mei 2022 di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan.

Titimangsa Foundation sebelumnya sempat mementaskan Monolog Inggit sebanyak 13 kali pada periode 2011 hingga 2014 di Jakarta dan Bandung. Pada pementasan kali ini, Titimangsa kembali menghadirkan Monolog Inggit yang kemas berbeda dengan sentuhan nuansa teater musikal.

Terinsipirasi dari roman “Kuantar Ke Gerbang” karya Ramadhan KH, musikal monolog menyuguhkan cerita Inggit Garnasih yang kala itu mendampingi perjalanan Soekarno sebelum menjadi Presiden Pertama Republik Indonesia.

Sebagai istri kedua yang bertahan dalam 20 tahun pernikahan, Inggit setia mengantar Bung Karno mulai dari mendampinginya lulus dari sekolah Technische Hoogeschool te Bandoeng (sekarang ITB); mendukung ekonomi keluarga saat Bung Karno memulai pergerakan di organisasi; hingga mendampingi Bung Karno dalam pengasingan di Ende dan Bengkulu.



Inggit memilih mempertahankan martabatnya sebagai perempuan dan menolak dimadu ketika Soekarno menyatakan ingin menikah lagi. Meski Inggit dijanjikan menjadi istri utama, ia memilih mengatakan tidak kepada Bung Karno.

Ratna Ayu Budiarti, selaku penulis naskah mengaku sangat terharu bisa menampilkan karyanya kembali diatas panggung. Dia juga berterimakasih kepada Happy Salma (Pemeran Inggit dan Produser) dan Wawan Sofwan (Sutradara) serta seluruh timnya.

"Saya tidak bisa keharuan dan menahan air mata, karena setelah menunggu setelah dua tahun penundaan, saya sangat berterimakasih kepada teh Happy dan kang Wawan yang sangat keras kepala untuk mempertahankan Inggit ini dipertunjukan secara Luring ya," ujar Ratna dalam jumpa pers Monolog Inggit, Kamis (19/5/2022).

Hal senada juga disampaikan Happy Salma selaku pemeran Inggit Ganarsih. Aktris 42 tahun ini mengaku bangga bisa membawa pementasan teater kembali diminati publik.

"Terimakasih teman-teman ya, penonton pun juga tidak mau pulang. Dan rasanya kita rundu dan kita betul-betul merayakan, ini akan menjadi peristiwa yang sangat penting," kata Happy Salma.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)