11 Efek Buruk Orang Tua Terlalu Sering Memarahi Anak

Senin, 23 Mei 2022 - 16:28 WIB
loading...
A A A
Apabila prestasi maupun nilainya semakin buruk di sekolah, ia juga bisa menjadi pribadi yang tidak percaya diri. Ia pun merasa ini akan membuatnya sulit untuk membangun interaksi sosial dengan teman-temannya. Pada gilirannya, kondisi ini dapat berkembang menjadi stres hingga depresi.

9. Mudah Putus Asa

Dampak negatif anak sering dimarahi lainnya adalah anak tumbuh menjadi individu yang mudah putus asa. Jika dihadapkan pada sebuah tugas atau masalah yang cukup besar, mereka cenderung frustasi.

Anak merasa bahwa tidak akan ada solusi darinya yang bisa berhasil menyelesaikan masalah atau tugas tersebut. Hasilnya, mereka akan sulit menyelesaikan berbagai tugas atau masalah yang sedang mereka hadapi dengan baik.

10. Sulit Berkomunikasi dengan Orang Lain

Anak yang sering dimarahi atau dibentak oleh orang tuanya bisa mengalami kesulitan berkomunikasi dengan orang lain. Ia akan sulit mengungkapkan perasaanya kepada orang lain.

Baca Juga: Sikap Orang Tua yang Bisa Merusak Anak

Hal ini bisa disebabkan oleh pengalamannya di dalam rumah, bahwa ketika mengeluarkan pendapat atau perasaan pribadinya, ia justru dimarahi. Kesulitan berkomunikasi sejak masih anak-anak tentu akan berefek buruk pada kemampuannya bersosialisasi ketika sudah dewasa.

11. Masalah Kesehatan Lainnya

Selain bermasalah secara psikologis, anak yang sering dimarahi oleh orang tuanya juga tak jarang mengalami berbagai masalah kesehatan lainnya. Beberapa di antaranya adalah gangguan tidur, meningkatnya denyut jantung, serta ketidakseimbangan hormon yang berkaitan dengan stres.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)