Ini Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh Menurut Medis

Selasa, 31 Mei 2022 - 15:03 WIB
loading...
Ini Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh Menurut Medis
Selain sebagai bentuk ketaqwaan kepada Allah SWT, secara tidak langsung puasa juga sebagai jalan untuk membuat tubuh lebih sehat. / Foto: ilustrasi/Freepik by senivpetro
A A A
JAKARTA - Puasa merupakan rukun Islam ketiga. Di sini, umat Islam diwajibkan berpuasa sebulan penuh selama Ramadhan. Selain sebagai bentuk ketaqwaan kepada Allah SWT, secara tidak langsung puasa juga sebagai jalan untuk membuat tubuh lebih sehat.

Secara medis, puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dokter Humanity Medical Services ACT, Jati Satriyo menjelaskan, setidaknya ada tujuh manfaat puasa bagi kesehatan .

1. Mengurangi Stres

Secara psikis, berpuasa dapat mengurangi stres untuk beberapa orang yang memiliki masalah terkait pengendalian diri. Selain itu, penelitian membuktikan bahwa beberapa hari setelah berpuasa tubuh akan mengalami peningkatan endorfin dalam darah.

Baca juga: Manfaat Mengakhirkan Sahur dan Menyegerakan Berbuka Puasa bagi Kesehatan

"Peningkatan endorfin dalam darah dapat memberikan perasaan sehat secara mental," jelas Dokter Jati.

2. Memperbaiki Kondisi Medis

Puasa dapat membantu memperbaiki kondisi medis karena puasa terkait dengan pola makan yang sehat, sahur dan berbuka. "Penelitian mengatakan puasa dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis," ujarnya.

3. Menyehatkan Jantung

Berpuasa dapat menyehatkan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalani puasa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2162 seconds (10.55#12.26)