Manfaat Mengakhirkan Sahur dan Menyegerakan Berbuka Puasa bagi Kesehatan

Selasa, 31 Mei 2022 - 13:05 WIB
loading...
Manfaat Mengakhirkan Sahur dan Menyegerakan Berbuka Puasa bagi Kesehatan
Secara medis, sunah mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka memiliki ragam manfaat bagi tubuh. Apa saja yang bisa kita dapatkan dari sunah ini? / Foto: ilustrasi/ACT
A A A
JAKARTA - Sahur dan berbuka merupakan momen yang tepat untuk menyiapkan dan menjaga tubuh agar tetap bugar selama menjalankan puasa . Makanan yang sehat, dan juga baik, perlu dikonsumsi. Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan sahur dan berbuka pun penting.

Rasulullah SAW menyunahkan untuk mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka puasa. Ternyata, dari sisi medis, waktu tersebut memiliki banyak manfaat. ACTNews berkesempatan mewawancarai Dokter Jati Satriyo dari tim Humanity Medical Services-ACT untuk mengupas manfaat dua momen tersebut.

Manfaat Menyegerakan Berbuka

Dalam penjabarannya, Dokter Jati Satriyo mengatakan, menyegerakan berbuka puasa dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi lebih lama. Hal tersebut karena setelah berpuasa berjam-jam lamanya, tubuh harus segera diberi cairan.

Baca juga: Angga Asyafriena Susul Sang Pujaan Hati ke Turki dalam Vision+ Originals Menemukan-Mu Episode 6

"Beraktivitas saat berpuasa mengakibatkan cairan dalam tubuh menurun. Segera berbuka saat azan magrib telah berkumandang dengan minum atau makan makanan manis sehingga dapat mengembalikan cairan tubuh menjadi normal. Akan tetapi, jangan berlebihan karena malah dapat memicu gangguan pencernaan," jelas Dokter Jati.

Manfaat menyegerakan berbuka puasa lainnya adalah menjauhkan dari gangguan organ lambung, apalagi penderita sakit mag. "Kalau menunda berbuka dikhawatirkan maag-nya kambuh, bahaya," kata dia.

Keutamaan menyegerakan berbuka dari sisi medis selanjutnya adalah menurunkan risiko hipoglikemia atau kadar gula dalam tubuh rendah. Gejala kondisi ini meliputi mual, pusing, hingga pingsan.

Manfaat Mengakhirkan Sahur

Dokter Jati Satriyo mengatakan, dengan mengakhirkan sahur, dapat mempersingkat waktu menahan lapar. Sehingga, orang yang berpuasa tetap bisa fokus dalam beraktivitas.

Baca juga: Juara The Voice Kids Nikita Mawarni Sambut Bahagia Kolaborasi dengan Eka Gustiwana

"Waktu tubuh manusia untuk mencerna makanan yakni 4-6 jam, sehingga jika kita sahur semakin dekat dengan waktu subuh, makan semakin singkat waktu kita menahan lapar," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)