Kemenkes Gerak Cepat soal Kasus Virus Misterius di Jaksel, Epidemiolog: Kita Belajar dari Pandemi

Jum'at, 03 Juni 2022 - 11:32 WIB
loading...
A A A
"Kalau ditemukan ada hewan yang mati, ini jauh lebih berbahaya. Harus dicari tahu penyebabnya dan segera diberantas. Pada kasus virus misterius Jaksel ini bahkan hewan terduganya tikus, ini bahaya jika benar ada kaitannya dengan tikus," ujarnya.

Dicky sangat menghimbau kepada masyarakat untuk memastikan lingkungan rumahnya bersih, termasuk kebersihan tubuh. Di musim wabah penyakit seperti sekarang, proteksi termudah yang bisa dilakukan adalah memastikan diri sendiri dan tempat tinggal, serta lingkungan di sekitar rumah bersih.

"Kalau ada tikus di rumah, itu tandanya ada sesuatu yang tidak bersih. Ada barang yang menumpuk dan ini harus segera dibersihkan. Kencing tikus, kotoran tikus, hingga cairan yang keluar dari tikus itu bisa memberi dampak buruk pada kesehatan manusia," ungkap Dicky.

"Ingat, tikus itu pembawa virus yang sangat baik dan potensi menyebarkannya ke manusia dekat, apalagi kontaknya langsung ke manusia. Untuk itu, hindari kontak langsung dengan tikus dengan memastikan rumah bersih dan tidak ada sarang tikus di rumah," tambahnya.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)