Apakah Kikil Sapi Mengandung Kolesterol? Ini Fakta Mengejutkannya

Rabu, 08 Juni 2022 - 12:15 WIB
loading...
Apakah Kikil Sapi Mengandung Kolesterol? Ini Fakta Mengejutkannya
Apakah Anda termasuk penikmat kikil sapi? Jika iya, informasi soal kolesterol kikil sapi ini akan membantu, khususnya yang sedang mengatur nutrisi gizi harian. Foto/Endeustv
A A A
JAKARTA - Apakah Anda termasuk penikmat kikil sapi ? Jika iya, informasi soal kolesterol kikil sapi berikut ini tentu akan sangat membantu, khususnya yang sedang mengatur nutrisi gizi harian.

Kikil sapi sejatinya adalah lapisan yang menjadi pembungkus tulang kaki serta jari-jari kaki sapi tanpa adanya bulu yang melekat di bagian atas. Kikil mengandung protein, tapi dalam bentuk kolagen.

Dirangkum dari Halosehat, Rabu (8/6/2022) kikil mengandung kolesterol, bahkan kandungannya cukup tinggi. Itu kenapa kikil dikategorikan sebagai sumber makanan mengandung kolesterol jahat.


Karena ada kandungan kolesterol jahatnya, konsumsi kikil harus dibatasi. Pasalnya, jika berlebihan dapat memicu berbagai gejala hiperkolesterolemia.

Dijelaskan bahwa kikil, babat, kulit, dan juga gajih memiliki kandungan kolesterol sebesar 130 mg. Nilai yang lebih tinggi dari daging sapi itu sendiri yaitu 105 mg.

Sementara itu, menurut laporan Fatsecret, bagian tubuh pada sapi tersebut punya kalori sebesar 240 kkal per 1 porsi kikil atau sekitar 30 gram. Kandungan lemaknya per 30 gram kikil itu sebesar 10,86 gram, karbohidratnya 9,97 gram, dan proteinnya 26,12 gram.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2141 seconds (0.1#10.140)