alexametrics

Terapkan 3 Pilar Ini Jadikan Hidup Sehat

loading...
Terapkan 3 Pilar Ini Jadikan Hidup Sehat
Kementerian Kesehatan RI menyarankan untuk menerapkan konsep Piring Makanku untuk memiliki pola makan yang sehat. Foto Ilustrasi/Pinterest
A+ A-
JAKARTA - Hidup sehat bisa dilakukan dengan menerapkan kebiasaan baik dan dimulai dari diri sendiri atau keluarga. Adapun cara mudah dalam mewujudkan hidup sehat adalah dengan menerapkan tiga pilar yang diharapkan dapat menjawab tantangan masyarakat untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat.

Nutrifood Research Center Rendy Dijaya Muliadi menjelaskan, tiga pilar hidup sehat terdiri atas istirahat, pola makan, dan olahraga. Idealnya istirahat 7-9 jam sehari sehingga dapat mengoptimalkan detoksifikasi, pertumbuhan, serta penyembuhan. Jedakan waktu tidur dan olahraga minimal 1 jam untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. (Baca Juga: Waspadai Gigitan Nyamuk DBD Pagi dan Sore Hari saat Pandemi Covid-19)

"Kurang tidur menyebabkan meningkatkan risiko penimbunan lemak sehingga risiko obesitas, meningkatkan risiko penyakit, menurunnya performa kekuatan otot dan kadar hormon penting untuk pembentukkan otot, meningkatkan gejala depresi, gangguan mood, dan kognitif," jelas Rendy dalam kegiatan "Nutriclass" pada Selasa (23/6).



Sementara itu, untuk pola makan seimbang, Kementerian Kesehatan RI menyarankan untuk menerapkan konsep "Piring Makanku". Pola makan ini terdiri dari sumber makronutrisi yang dikonsumsi lebih banyak dalam hitungan gram, dan mikronutrisi dikonsumsi lebih sedikit dalam jumlah miligram. Penting juga untuk minum air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

"Makronutrisi terdiri dari karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi utama, protein bahan pembentuk jaringan, dan lemak sebagai sumber energi cadangan. Mikronutrisi berupa vitamin sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas serta mineral untuk produsen energi," kata Rendy.

"Air berfungsi menjaga suhu tubuh, metabolisme, mengatur konsentrasi, dan performa olahraga. Cukupi kebutihan air harian sekitar 2 liter per hari," sambungnya.

Di sisi lain, olahraga direkomendasikan sesuai dengan kebutuhan. Di mana 150 menit untuk olahraga intensitas moderat atau sedang seperti menyapu, mengepel, menari, dan zumba. Sementara untuk olahraga intensitas vigorous atau tinggi cukup 75 menit seperti basket, lari, berenang, dan sepeda.

Selain itu, semua orang dewasa juga dianjurkan melakukan aktivitas penguatan otot seperti yoga, olahraga angkat berat, atau membawa belanjaan berat. (Baca Juga: Menyeimbangkan Olahraga dan Nutrisi, Apa Efeknya?)

"Olahraga rutin dapat menjaga kinerja kognitif, mengurangi risiko depresi, manajemen berat badan, mengurangi risiko penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta memperpanjang harapan hidup," tandasnya.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak